Jika berlibur ke jogja tidak lengkap jika tidak mengunjungi House of Raminten Jogja, rumah makan yang cukup nyleneh dan eksentrik dengan suasana jawa yang sangat kental. House of Raminten merupakan salah satu dari puluhan wisata kuliner yang ada di jogja yang wajib di kunjungi.Berdiri sejak 26 Desember 2008 rumah makan ini menggunakan konsep unik,antik dan anggun.House of Raminten sangat terkenal karena keunikan yang di tawarkan di sini meliputi interior,menu makanan dan minuman serta suasana rumah makan yang kental akan budaya jawa.

House of Raminten sangat gampang di kenali karena adanya banner yang cukup besar dan unik di depan rumah makan yaitu foto seorang ibu yang menggunakan pakaian dan dandanan khas jawa serta konde hitam yang biasanya di gunakan pada acara adat jawa.

Foto atau sosok yang ada di banner tak lain adalah Hamzah Sulaeman merupakan owner atau orang di balik suksesnya House of Raminten.Pengambilan nama raminten di ambil dari tokoh yang pernah di perankan oleh Hamzah  dalam sebuah program bernama Pengkolan yang pernah tayang di stasiun lokal TVRI.Tokoh Raminten adalah seorang wanita dalam program itu, Hamzah berdandan ala wanita jawa, lengkap dengan kebaya dan sanggulnya.

Ramainya House of Raminten Jogja

house of raminten (3)

Jika anda datang ke House of Raminten Jogja jangan kaget karena ramainya pengunjung, nuansa jawa yang sangat kenfal, dan aroma dupa yang cukup menyengat hitung.Tapi jangan khawatir jika rumah makan ini ramai, telah di sediakan ruang tunggu tersendiri dengan deretan kursi yang memanjang.Ketika pertama datang anda harus mendaftar terlebih dahulu ke pramusaji dan menunggu antrian hingga terdapat meja kosong.

Pegawai atau pramusaji di House of Raminten Jogja sangat unik dalam penampilan karena mereka mengenakan kemben dan jarik batik untuk wanita dan kaos putih dengan kombinasi rompi hitam dan bawahan jarik batik bagi pegawai pria.

Menu di House of Raminten Jogja

house of raminten (2) house of raminten 4

Untuk menu makanan dan minuman di House of Raminten Jogja lain dari pada yang lain, di mana rumah makan ini mengambil menu makanan kaki lima biasa di sebut Angkringan yang di bungkus dengan unik dan di beri sedikit sentuhan sehingga lebih elegant serta dengan harga yang sangat terjangkau ( bisa di katakan murah ).Menu favorit pengunjung adalah Nasi Kucing atau Bahasa Jawanya Sego Kucing, yang bisa dipesan dengan istilah “pakte” dan “tante”. Kedua istilah ini sering dipakai di banyak tempat makan di Jogja yang artinya “pakai telur” dan “tanpa telur”.

Harga Sego Kucing Tante hanya dibandrol IDR1.000. Sangat murah, bukan? Sedangkan untuk Sego Kucing Pakte Double, terdiri dari dua buah nasi yang disajikan dengan lauk seperti ikan teri, sambal terasi, serta kering tempe, kemudian diberi telur dadar sebagai lauk tambahan. Sego Kucing Pakte Double dibandrol harga IDR5.000.

Bedanya dengan Sego Kucing yang disajikan di angkringan terletak pada konsep penyajiannya. Jika di angkringan anda menikmati Sego Kucing yang berbentuk nasi bungkus dan dilapisi koran, disini Sego Kucing disajikan di atas piring persegi dengan lauk pauk yang ditata di sekeliling nasi. Anda bisa menikmati Sego Kucing yang identik dengan makanan kelas bawah ini dengan cara yang lebih elegan.

Selain menu Sego Kucing, berbagai menu lainnya yang bisa anda pilih seperti Sego Liwet, Sego Gudeg, Maheso Selo Gromo, dan Sego Goreng. Sego Liwet juga merupakan menu favorit karena rasanya yang enak dengan harga sangat murah. Makanan khas Solo ini terdiri dari nasi yang gurih dipadukan dengan lauk suwiran ayam, telur, sayuran jipan dan sambal yang khas. Anda hanya perlu merogoh kocek IDR5.000 untuk menikmati menu ini. Sayangnya, Sego Liwet seringkali habis saking ramai dan larisnya menu ini.

Di samping itu, berbagai lauk yang ditawarkan di House of Raminten diantaranya adalah Pecel Raminten, Bakmi Jawa, Ayam Koteka, Tempe Telur Pacikeran, Garang Asem, dan Mangut Lele. Salah satu menu lauk favorit di tempat ini adalah Ayam Koteka.

Untuk Ayam Koteka dibuat dari potongan daging ayam dan telur yang diletakkan di dalam sebuah wadah bambu, kemudian dipanggang dan disajikan dengan sambal cabai hijau. Menu Ayam Koteka ini memiliki rasa yang cukup gurih sehingga pas dijadikan sebagai lauk tambahan untuk menemani menu nasi yang telah anda pesan. Anda bisa menikmati Ayam Koteka dengan harga 15 ribu rupiah.

Lokasi House of Raminten Jogja

Perempatan Gramedia belok ke selatan sekitar 200 meter menuju ke Jl. Suroto Kotabaru.

Dari Jl. Suroto Kotabaru belok ke kanan (ke barat) menuju Jl. Supadi Kotabaru (belokan kedua dari Gramedia)

Dari Jl. Supadi Kotabaru lurus sampai bertemu perempatan Jl. Faridan M. Noto, House of Raminten berada tepat di pojok perempatan bagian kanan seberang jalan