20 Restoran Paling Enak di Jogja

Bagi Anda yang berencana berlibur ke Jogja, tak ada salahnya jika menjadikan wisata kuliner sebagai alternatif wisata. Pasalnya, Kota Pendidikan ini begitu banyak memiliki resto-resto dan tempat makan yang ajib. Berikut deJogja Adventure akan berbagi info tentang 20 restoran paling enak di Jogja.

House of Raminten

Terletak di Jalan FM Noto 7 Kota Baru ini, menyuguhkan menu-menu tradisional yang cocok bagi lidah orang timur. Beberapa menu yang dihadirkan di antaranya bola tahu, wedang sereh, juga nasi brongkos (semacam rawon, tetapi menggunakan kuah bercampur santan). Kesan tradisional juga bisa Anda dapatkan dari tata tempat dan service. Para waitress di House of Raminten menggunakan pakaian tradisional Jawa.

Brongkos Warung Ijo Bu Padmo

Jika Anda yang benar-benar ingin mencicipi brongkos asli, singgahlah ke Brongkos Warung Ijo Bu Padmo yang ada di Jalan Magelang No 12, Tempel, Sleman. Di tempat ini, Anda bisa merasakan gurihnya makanan berkuah kesukaan Sri Sultan Hamengku Buwono IX itu.

Bong Kopitown

Berlokasi di Jalan Sagan Kidul No 4 Terban Gondokusuman Yogyakarta, Bong Kopitown menyajikan menunya menggunakan piring seng—seperti yang digunakan di dalam penjara. Katalog menunya lembaran mirip koran. Menu-menu yang dihadirkan antara lain Penang Fried Noodle, Chicken atau Beef Rice Claypot dan Singapore Laksa Noodle. Sementara menu minuman andalannya adalah the tarik.

The Captain Urban Lounge

Beralamat di Jalan Damai 41, Jogja, resto ini menggunakan bagian kokpit depan pesawat sebagai pintu masuk dalam restoran. Restonya sendiri berada di dalam kabin pesawat Foker 28 hanya menyajikan menu-menu ringan saja.

Kastil Mang Engking

Di tempat makan yang ada di Jalan Soragan No 13 ini, Anda bisa merasakan sensasi bak menjadi raja dengan makan di kastil. Namun, jika Anda menggemari makan di luar ruangan, juga bisa memiliki makan di pondok bambu yang dibangun di atas kolam ikan di kawasan resto ini.

Sate Klathak Pak Pong

Tempat makan ini berlokasi di Jalan Imogiri Timur , Wonokromo, Pleret, Bantul. Warung ini menggunakan jeruji besi sebagai tusuk sate kambing olahannya. Selain sate, tempat ini juga menyediakan olah kambing lainnya, seperti gulai, tongseng, dan juga tengkleng.

Mangut Lele Mbah Marto

Masih dari kawasan Bantul, ada pula tempat makan enak yang menyajikan olahan ikan. Adalah Mangut Lele Mbah Marto yang menyuguhkan menu utama, yaitu mangut lele dengan cita rasa gurih. Olahan lele lain yang digoreng, di bakal juga di asap, ada pula di warung makan yang berada di Sewon ini.  

Jadah Tempe Mbah Carik

Selain gudeg, Jogja juga punya makanan lain yang tak kalah kondang yaitu, jadah tempe. Jadah adalah nasi ketan yang dicampur dengan kelapa ditumbuk hingga lumat dan bisa dibentuk yang dimakan bersama dengan tempe bacem—bercita rasa manis. Salah satu warung makan yang kondang menjajakan menu ini adalah Jada Tempe Mbah Carik yang ada di Jalan Kaliurang Km 15.

Jejamuran

Resto yang berlokasi di Jalan Magelang KM 11, ini menyajikan olahan-olahan jamur, mulai dari sate jamur, omelet jamur, keripik jamur, gulai jamur hingga minuman yang menggandung jamur.

Outbound Jogja

Indische Koffie Benteng Vredeburg

Tempat ini menyuguhkan menu berupa kopi dipadu dengan menu-menu a la Eropa seperti sandwich, kentang goreng, milik shake dan lain sebagainya. Seperti namanya, tempat makan ini memang berada di dalam Benteng Vredeburg yang merupakan salah satu peninggalan Hindia Belanda di Jogja yang sampai kini masih lestari. Resto ini juga melayani pemesanan gaya buffet atau prasmanan dengan jumlah minimal 30 orang.

Tempo Gelato Prawirotaman

Seperti namanya, resto ini berada di Jalan Prawirotaman, tepatnya di No 43. Tempat ini menjadi favoritnya nongkrong para kawula muda. Menu utama yang disajikan, jelas berupa gelato (es krim tradisional dari Italia) yang disajikan dalam rasa bervariasi.

Bungong Jeumpa

Jogja memang bak miniatur dunia, suku apa pun ada di sini. Tak mengherankan pula jika banyak pula resto yang menyajikan makanan dari daerah lain di Kota Gudeg ini. Salah satunya adalah Bungong Jeumpa yang menyajikan menu-menu khas Aceh. Resto ini terletak di Jalan Seturan Raya,Ruko Seturan Square no 5, Caturtunggal, Depok, Sleman.

Mato Kopi

Tak hanya warung makanan aceh yang bisa djumpai di Jogja, tetapi juga kedai minuman Madura. Adalah Mato (dalam bahasa Madura berarti pecandu) yang menyajikan minuman kopi. Café yang berada di Jalan Selokan Mataram ini, membanderol menu-menunya cukup terjangkau.

Kalimilik Jogja

Kalau Anda menyukai minuman susu, datanglah ke Kalimilk Jogja yang beralamat di Jalan Kaliurang km 4,9. Tempat ini merupakan pioneer tempat minum susu sebelum kedai minum susu begitu marak di Jogja seperti sekarang. Susu  yang disajikan di sini enak, tidak terasa amis dan eneg.

Restoran Tradisional Joglo Mlati

Berada di Jl  Kebon Agung NO 170, Mlati, Sleman, resto ini menyuguhkan pengalaman makanm di rumah tradisional Jawa, Joglo. Di sini, Anda bisa memesan makanan secara paket, sehingga cocok untuk Anda yang piknik rombongan. Paket yang disodorkan diantaranya Java Authentic juga Java Exotique Night.

Abhayagiri Restaurant

Berlokasi di Sambirejo, Prambanan, resto yang satu ini tidak saja menyajikan berbagai menu-menu yang nendang di perut, tetapi juga view yang aduhai. Hal ini tak terlepas dari pemandangan Gunung Merapi sekaligus Candi Prambanan yang bisa terlihat dengan jelas dari tempat ini.

Gudeg Yu Djum

Tak lengkap ke Jogja tanpa makan Gudeg bukan?! Nah, salah satu warung gudeg terkenal dan enak yang bisa Anda kunjungi adalah Gudeg Yu Djum yang berada di Jalan Wijilan, Panembahan, Kraton. Tempat ini tidak jauh dari Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, sehingga Anda yang piknik ke sana, bisa langsung mampir ke resto gudeg ini.

Oseng-oseng Mercon Bu Narti

Oseng-oseng mercon yang merupakan tumis daging dengan jumlah cabe sangat banyak. Karuan saja jika menu ini pun super pedas hingga disebut seperti ‘mercon/petasan’ –yang sanggup meledakan (mulut). Tempat makan oseng-oseng mercon yang recommended salah satunya adalah Oseng-oseng mercon Nu Narti yang ada di Jl KH Ahmad Dahlan.

Soto Kadipiro

Anda penyuka makanan berkuah atau penyuka soto? Kalau iya, jangan lupa singgah di Soto Kadipiro yang terkenal enak dan gurih. Soto Kadipiro yang asli ada di Jalan Wates No 33, tetapi kini soto ini juga memiliki beberapa cabang lainnya yang dengan mudah bisa dijumpai di Jogja.

Sasanti Restaurant and Gallery

Tempat makan yang ada di Jl Palagan Tentara Pelajar no 52A ini, menyuguhkan menu-menu istimewa yang diolah chef bertaraf internasional. Keunikan makan di sini, Anda akan bisa sekaligus menyaksikan berbagai karya seni yang bernuansa Bali dan Jogja.

Kedai Poci

Kalau Anda ingin menikmati suasana makan di dataran tinggo Jogja, singgahlah ke Kedai Poci yang berada di Jalan Boyong, Hargobinangun, Pakem. Tempat ini menyuguhkan berbagai menu ‘harian’ seperti nasi goreng, cap cay, sate usus, sate telur puyuh dan lain sebagainya yang disandingkan dengan minuman teh panas di dalam poci.

Demikian 20 restoran paling enak yang ada di Jogja. Semoga bisa menjadi referensi tempat makan di Jogja bagi Anda yang hendak melancong ke tempat ini. (y)

Tag: Restoran Paling Enak Jogja

Wisata Jogja