Arung Jeram Sungai Elo

 

Yogyakarta memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Apalagi mengingat wilayahnya yang juga berbatasan dengan propinsi lain, yaitu Jawa Tengah, maka banyak pula tempat wisata di kawasan perbatasan yang bisa dijelajahi. Salah satu wisata asyik sekaligus menantang di kawasan perbatasan tersebut adalah arung jeram di Sungai Elo, Magelang. Seperti apa kira-kira keseruan memacu adrenalin di sungai tersebut? Berikut de Jogja ajak Anda menelusurinya.

Sungai Elo terletak di desa Pare, Blondo, Mungkid, Magelang. Anak Sungai Progo ini memiliki karakter penampang sungai yang sempit dengan debit air yang cukup stabil sepanjang tahun. Tak mengherankan jika sungai ini menjadi pilihan untuk melakukan arung jeram. Sepanjang jalur sungai yang dilewati pada arung jeram Sungai Elo didominiasi air yang tenang. Namun, terdapat pula beberapa jeram yang mampu mengguncang perahu. Dipadu keindahan alam di sekitar sungai, menjadikan Arung Jeram Sungai Elo memiliki keunikan tersendiri dibandingkan arung jeram lainnya.

rafting elo de jogja (4)

Saat musim kemarau, air Sungai Elo pun tampak begitu jernih. Tak ayal, bermain air pun menjadi lebih asyik. Banyak permainan air yang bisa dilakukan, seperti flip-flop, spinning, atau sekedar berenang. Tentu saja, arung jeram saat musim kemarau pun menjadi lebih mengasyikan.

de Jogja Aadvanture sendiri menawarkan paket rafting atau arung jeram Sungai Elo dengan layanan yang begitu menarik. Dibanderol terjangkau, rafting Sungai Elo dari de Jogja Advanture akan mengajak Anda mengarungi sungai tersebu selama 2,5 jam. Kegiata akan dimulai dengan berkumpul terlebih dahulu di basecamp Progo, tepatnya di Hotel Puri Asri. Setelah para peserta melakukan serangkaian persiapan, seperti pendaftaran dan berganti pakaian hingga menggunakan peralatan arung jeram. Adapun peralatan yang dikenakan tersebut termasuk pelampung juga helm.

rafting elo de jogja (2)

Tak lantas melaju di atas perahu, usai badan terpasangi dengan berbagai peralatan arung jeram, pemandu juga akan memberikan briefing terkait teknis keselamatan selama melakukan pengarungan nantinya.

Apabila Anda awam dengan arung jeram tak perlu khawatir. Pasalnya, de Jogja Advanture memiliki tim yang siap memandu Anda serombongan. Lagi pula, jeram-jeram yang ada di Sungai Elo ini termasuk jeram yang memiliki kelas II sampai III saja. Artinya, jeram tersebut memiliki tingkat bahaya rendah dan yang paling penting, pemula pun cukup mudah untuk menaklukannya. Pengarungan sendiri dilakukan dengan menaiki perahu karet. Umumnya untuk melakukan rafting, per perahu akan berisi 5 orang.

Pengarungan Sungai Elo sendiri akan dimulai dari Jembatan Blondo. Ada dua etape yang harus dilalui sepanjang pengarungan Sungai Elo ini, sebelum akhirnya kegiatan selesai di Jembatan Mungkid.

rafting elo de jogja (1)

Sepanjang perjalanan, Anda dan keluarga atau rekan akan dijamu dengan pemandangan alam sekitar Sungai Elo yang begitu indah. Air sungainya begitu jernih dan bersih, sedangkan di tepian sungai tampak tebing yang dihiasi dengan pepohonan hijau. Sungguh menyejukan mata! Batuan sungai sesekali terlihat menyembul melebihi ketinggian air, sehingga pemandangan tampak begitu eksotis.

Mengarungi Sungai Elo sepanjang 12 kilometer itu tak akan membuat capek. Sebaliknya, keseruan menaklukan jeram ditemani dengan hawa yang sejuk, membuat kita fresh. Wisata ini cocok sekali bagi Anda yang menginnginkan sejenak menepi dari penatnya aktivitas harian yang padat, terlebih bagi Anda dan keluarga yang sehari-hari dihadapkan pada penatnya ibu kota.

rafting elo de jogja (3)

Keseruan sepanjang perjalanan tentu akan semakin berkesan jika diabadikan dalam bentuk foto. Tak perlu risau jika tak bisa mengambil foto sendiri sepanjang pengarungan, karena tim de Jogja Advanture sudah mengambil foto Anda dan tim selama perjalanan dan membagikannya kepada Anda usai kegiatan. (y)

Tag: Memacu Adrenalin dengan Arung Jeram Sungai Elo, Magelang, Sungai Elo, Yogyakarta, Mungkid, Jembatan Blondo Arung Jeram Sungai Elo, Rafting Sungai Elo, de Jogja Advanture