Dagadu Fashion Asli Jogja yang Nyentrik

 

Apa yang Anda lakukan saat jalan-jalan ke Yogyakarta? Piknik ke berbagai tempat wisata menarik, mengunjungi kaki Merapi hingga pesisir selatan yang berbatasan langsung dengan Samudra Indonesia memang hal yang menyenangkan. Demikian halnya dengan menyantap hidangan-hidangan lezat yang membuat lidah tak berhenti bergoyang. Namun, jangan sampai lupa untuk membeli oleh-oleh. Sebagai Kota budaya, bukan hal yang mengherankan jika Jogja kemudian memiliki banyak buah tangan yang menawan. Bakpia, geplak atau Gudeg kering merupakan kuliner yang sudah lazim dijadikan oleh-oleh, tetapi cobalah untuk membawa kenangan Jogja ke kampung halaman dalam bentuk lain, yaitu produk fashion. Tak perlu mengimpor barang branded dari Kota Mode, Paris, Perancis untuk bisa tampil kece badai—meminjam jargon artis Syahrini, tetapi Anda bisa tampil unik dengan Dagadu, sebuah brand fashion asli Jogja yang benar-benar nyentrik. Berikut ulasan selengkapnya.

Bagi masyarakat Jogja dan sekitarnya sudah begitu familiar dengan kata ‘Dagadu’. Kata yang baru saja disebut merupakan umpatan dari ‘matamu! Dikutip dari laman Dagadu, merek dagang ini sebenarnya merupakan bahasa walikan alias bahasa slang orang Jogja yang disusun dengan cara membalik empat baris huruf Jawa. Permainan sandi bahasa slang itu dilakukan dengan menukar baris pertama dengan baris ketiga, baris kedua dengan baris keempat dan demikian pula sebaliknya. Kata dalam bahasa Indonesia dipenggal berdasarkan suku katanya, kemudian dipasangkan berdasarkan urutan baris huruf Jawa tersebut, tanpa perlu mengubah huruf vokalnya. Kata DA-GA-DU pun menjadi mudah dipahami.DA pada baris kedua dibaca MA yang ada pada baris keempat. GA pada garis keempat dibaca TA di baris kedua, dan DU (DA) berpasangan dengan MA (MU).Jadi DA-GA-DU berarti MA-TA-MU.

Baca juga : Wajib Coba! Inilah Deretan Oleh-oleh Khas Jogja

Singkatnya Dagadu adalah brand fashion berupa kaos yang bertuliskan segala-sesuatu tentang Jogja. Layaknya berkunjung ke mana pun di belahan dunia, kaos bertuliskan objek wisata atau negara yang dituju kerap menjadi pilihan banyak pelancong untuk oleh-oleh. Akan tetapi, Dagadu memiliki nilai yang lebih dari sekedar tulisan objek wisata. Tulisan-tulisan yang ada di punggung maupun bagian depan kaos disusun dengan begitu apik dan sarat akan makna. Bukan sembarang kata yang dirangkai, tetapi terdapat diksi alias pilihan kata yang membuat kata-kata itu lebih berkesan bagi siapa saja yang membacanya atau juga yang mengenakan kaosnya.

Terkadang kata-kata yang bikin perut tergelitik itu ditulis dalam bahasa Jawa. Tidak masalah jika Anda tidak bisa berbahasa Jawa. Pasalnya, ada penjelasan di setiap label t-shirt tersebut. Desain kaos Dagadu sendiri ada yang berwarna mencolok dan bahkan terbilang nyleneh, tetapi ada juga yang lebih kalem dengan tema monokrom.

 

 

Meski produknya kosisten pada kaos, tetapi agar tidak bosan, Dagadu terus melakukan inovasi desain. Perbaharuan desain biasanya dilakukan setiap 2 bulan sekali. Pada setiap desain baju, PT Aseli Dagadu Djokdja pun meluncurkan sebuah buku kreatif. Buku tersebut diberi judul ‘Desain, Gagasan dan Daya Ungkap’ untuk menguspas sisi lain dari Dagadu. Tak seperti kebanyak produk yang menerbitkan buku sebagai bagian dari katalog desain atau produk atau juga company profile, Dagadu tidak menerbitkan buku tersebut sebagai bagian dari keduanya.

Dagadu sendiri berdiri sudah sejak seperempat abad lalu dan menjadi bagian oleh-oleh Jogja. Produk asli Jogja ini merupakan garapan dari PT Aseli Dagadu Djokja yang beralamat di  Jl. IKIP PGRI No. 50, Sonopakis,  Yogyakarta. Bagi Anda yang ingin melihat lebih jauh produk-produknya dapat langsung datang ke gerai resminya yang tersebar di beberapa titik di Jogja. Gerai resminya di antarany adalah Yogyatourium, di Jl. Gedongkuning Selatan No. 128 Kotagede, Dagadu Malioboro Mall di Lower Ground Malioboro Mall, Dagadu Alun-Alun Utara di Jl. Pekapalan Timur No. 7 Alun-Alun Utara Yogyakarta, Dagadu Transmart di Lantai 2 Transmart Maguwo, dan juga Dagadu Jogja City Mall yang berada di Lantai 2 Jogja City Mall. Jl. Magelang KM 6, Yogyakarta.

Di Yogyatorium, Anda bisa menemui barang asli Dagadu juga sister brand-nya. Lokasinya yang berada di pinggir jalan membuat pengunjung mudah menemukannya. Apalagi tempat tersebut juga dilengkapi dengan tulisan besar ‘Kapan ke Jogja lagi?” Tak perlu takut kesulitan ke tempat ini jika Anda datang dengan rombongan besar. Gerai ini berlokasi di pinggir jalan besar dan lebar bahkan bisa diakses oleh bus pariwsata.

Selain berbelanja oleh-oleh produk asli Dagadu, di tempat ini, Anda juga bisa mengetahui sejarah Dagadu lengkap dengan berbagai interior bangunan yang unik. Pengunjung bahkan kerap berselfie saat sedang berkunjung ke tempat ini.

Bangunannya pun terbilang unik, mengusung 3 lantai bentuk gerai tersebut seperti tabung. Hiasan wall-cladding berbahan metal membuatnya tampak modern dan kekinian. Dinding-dindingnya pun bertuliskan kata-kata yang lucu, tetapi ‘sangat cerdas’. Selain deretan kaos, Dagadu juga menjual produk lainnya seperti tas, topi atau gantungan kunci. Melengkapi berbagai produk itu, Dagadu juga memberi kesan etnik pada gerainya. Sepeda onthel, becak, juga kereta api  sengaja dipajang untuk menambah kesan unik  sekaligu menarik perhatian pengunjung. (y)

Tag:  Dagadu, Fashion Asli Jogja yang Nyentrik, Yogyakarta, Dagadu Djokdja, PT. Aseli Dagadu Djokdja, gerai resmi Dagadu, Kota Budaya, Yogyakarta, sepeda onthel, kaos, oleh-oleh Jogja, Gudeg, bakpia, geplak, brand fashion asli Jogja

Baca juga : Paket Outbound Jogja

Outbound Jogja : 081294274691