Desa Wisata Ledok Sambi

 

Apakah Anda tengah mencari tempat outbound yang menarik sekaligus memiliki pemadangan alam yang aduhai? Jika iya, maka tempat yang satu ini sangat direkomendasikan. Namanya adalah Desa Wisata Ledok Sambi. Berlokasi di Jl. Kaliurang No.KM. 19, 2, Pedukuhan Sambi, Desa Pakembinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta  (DIY), tempat ini menyajikan panorama persawahan khas Jawa dipadu dengan keindahan Gunung Merapi sebagai latar belakangnya di sisi utara.

Berada di kawasan persawahan, area outbound memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Ragam outbound di Ledok Sambi pun sangat lengkap, baik untuk kepentingan rekreasi maupun edukasi, mulai dari tantangan yang ringan hingga yang memacu adrenalin. Beberapa permainan yang tersedia antara lain Spider Web, All Transfer, Menara Air, Dragon Ball dan Acid River

Selain berbagai wahana permainan untuk menguji ketangkasan dan ketrampilan, Desa Wisata Ledok Sambi juga memiliki beberap bangunan ikonik khas Jawa, seperti rumah-rumah Joglo, Simon, dan limas an dengan halaman yang luas. Di halaman inilah, keluarga atau peserta outbound juga bisa berkegiatan.

Berada di ketinggian, jangan ditanyakan lagi soal suhu udaranya! Sangat sejuk! Lokasinya yang jauh dari kota Jogja membuat, Desa Wisata Ledok Sambi begitu tenang. Berkunjung ke tempat ini sangat cocok dilakukan saat musim kemarau. Pasalnya, pada musim tersebut, Anda akan mendapati pemandangan yang sangat paripurna.

Hamparan sawah hijau bersambung dengan latar Gunung Merapi yang gagah menjulang. Sesekali gunung teraktif di dunia itu akan tampak mengepulkan asap membumbung ke angkasa. Langit juga akan tampak sangat cerah biru bersih—pertanda bebas dari polusi pabrik dan zat kimiawi lainnya.

Ahhh.. suasana tersebut dijamin akan membuat Anda dan tim betah berlama-lama outbound di tempat ini.

Desa Wisata Ledok Sambi sangat cocok dijadikan pilihan bagi instansi Anda yang ingin mengajak tim untuk meng-upgrade kemampuan dan potensi diri sekaligus memperkenalkan tentang pertanian dan peternakan. Ya, di desa wisata ini, pengunjung tak sekedar bisa melihat hijaunya tanaman padi, tetapi juga sekaligus bisa praktik bercocok tanam, mulai dari membajak hingga menanam (tandur dalam Bahasa Jawa).

Di Ledok Sambi juga terdapat peternakan sapi perah. Wisatawan pun bisa turut serta mempraktekkan cara memeras susu sapi secara tradisional. Cara budidaya sapi perah juga diberikan di tempat ini—meski secara singkat. Namun, setidaknya pengalaman ini sangat berharga.

Umumnya tempat outbound identik sebagai tempat wisata ‘ramai-ramai’. Namun, tidak dengan Ledok Sambi yang memungkinkan outbound indiviud. Oleh karena itu, tak perlu menunggu kantor atau instansi Anda mengadakan outbound untuk menikmati keindahan Ledok Sambi. Anda bahkan bisa memboyong kelurga kecil saja untuk mengeksplorasi tempat ini sambil ber-outbound ria sekeluarga.

Menariknya lagi, di Ledok Sambi pengunjung juga bisa menyaksikan berbagai kesenian dan kebudayaan khas setempat. Sebut saja seperti wayang kulit, karawitan yang merupakan ‘orkestra Jawa’ dengan instruman gamelan. Kesenian ini dipentaskan biasanya lengkap dengan ‘penyanyinya’ yang disebut ‘sinden’. Orang Jawa menyebut kesenian ini sebagai ‘Uyon-uyon’. Lalu, ada pula beberapa upacara yang dilaksanakan seperti Sadranan yang dilaksanakan pada 21 Sya’ban.

Nah, demikian sekilas info tentang Desa Wisata Ledok Sambi yang bisa dijadikan pilihan untuk outbound baik individu maupun kelompok. Anda dapat menghubungi Dejogja jika ingin melakukan outbound di desa yang berada di kaki gunung teraktif di dunia itu. Selamat bersenang-senang! (y)