Memilih Lokasi Arung Jeram

rafting elo de jogja (2)

Mengenalkan air pada anak memang lebih baik sedini mungkin. Tak heran jika banyak orang tua yang mengajarkan olahraga renang pada anak, bahkan sejak belum masuk sekolah. Banyak pula orang tua yang mengajak anaknya untuk ikut berekreasi di air, contohnya saja bermain arung jeram, tapi ingat pilihkan lokasi yang aman ya untuk sang anak. Nah, lalu bagaimana sih caranya memilih lokasi arung jeram yang aman? Simak penjelasan berikut!

Orang-orang yang masih asing dengan olahraga arung jeram ini, pasti akan mengatakan ekstrem dan berbahaya. Namun kini sudah banyak loh foto anak-anak yang sedang melakukan salah satu olahraga ini. Masih kah Anda takut bermain arung jeram? Kalau iya, yuk pilih lokasi yang aman dan tidak terlalu ekstrem, karena olahraga ini sebenarnya mengasyikan! Berikut tipsnya:

Pilihlah Lokasi Arung Jeram Grade 3, yang Tergolong Aman untuk Pemula!

Cara memilih lokasi arung jeram yang aman pertama, yakni memiliki lokasi arung jeram grade 3 yang tergolong aman bagi pemula. Di luar itu, pastinya siapkan mental kuat untuk Anda maupun sang anak saat akan menaiki perahu karet. Patut dicatat bahwa anak yang bisa dibawa bermain arung jeram adalah mereka yang sudah cukup umur. Anda bisa menanyakan detil tentang syarat anak yang bisa melakukan olahraga ini kepada para instruktur arung jeram.

Pilih Lokasi Arung Jeram yang Tidak Terlalu Banyak Dilewati Air Sungai Deras!

Bagi Anda yang belum bisa berenang, sebenarnya aman-aman saja untuk bermain arung jeram, asalkan safetynya lengkap dan terpakai dengan baik. Namun, jika dirasa masih ada keraguan, dan takut akan air sungai yang begitu deras, maka lebih baik pilihlah lokasi aman. Pilihlah lokasi arung jeram yang tidak terlalu banyak dilewati air sungai yang mengalir deras. Mengapa begitu? Sebab untuk Anda yang masih pemula, yang tidak bisa berenang ataupun anak-anak, maka cara efektif inilah yang paling baik untuk menghindari kemungkinan jatuh dari perahu karet.

Baca juga : Tips Memilih Paket Outbound yang Tepat untuk Perusahaan

Pilih Lokasi Arung Jeram, yang Tidak Banyak Terdapat Bebatuan Besar

Selain arus, ternyata batu juga berpengaruh. Maka tips ketiga dari cara memilih lokasi arung jeram yang aman adalah pilih lokasi yang agak terhindar dari batu-batu besar. Dengan arus yang deras, perahu karet memang akan meluncur lancar tanpa harus di dayung. Sebaliknya, bebatuan besar memang benar-benar harus dihindari untuk menghindari adanya kecelakaan seperti kepala terbentur, dan lain sebagainya.

Pilih Lokasi Arung Jeram, yang Memang Terdapat Pemandu maupun Instruktur Berpengalaman!

Tips terakhir dalam memilih lokasi arung jeram yang aman yakni pilihlah lokasi, yang memang di sana terkenal memiliki instruktur maupun pemandu yang berpengalaman dibidangnya.

Mengapa begitu? Sebab bila kita dipandu oleh instruktur yang belum berpengalaman, maka banyak kemungkinan akan terjadi kebingungan dan kepanikan saat menghadapi situasi urgent. Lain halnya dengan instruktur yang sudah berpengalaman, akan mengetahui seluk beluk masalah atau kendala yang mungkin dihadapi, sehingga sudah siap melakukan langkah antisipasi.

Demikian beberapa tips memilih lokasi arung jeram yang aman. Bila sudah selesai bermain arung jeram, pasti hati kita akan merasa puas sendirinya karena sudah berhasil melewati banyaknya rintangan yang menghadang. Selain itu, melewati pemandangan indah di sepanjang jalur jeram juga mampu menjadi ‘obat’ bagi pikiran yang penat. Jadi, apakah Anda sudah berminat ingin mencobanya?! (B)

 

Paket Outbound Jogja, Lava Tour Merapi, Arung Jeram Jogja, Paket Amazing Race, Goa Pindul Jogja, Paket Tour Jogja, Paint Ball Jogja, Team Building Jogja, Paket Wisata Jogja, Wisata Borobudur Jogja

Baca juga : Yuk Cari Tahu Tempat Outbound di Jogja dengan Fasilitas Terlengkap!

Outbound Jogja : 081294274691