Museum Sisa Hartaku adalah sebuah saksi sejarah bagaimana sebuah rumah luluh lantak oleh terjangan letusan Gunung Merapi tahun 2010. Di Museum ini dipajang beberapa perabotan rumah tangga tampak seperti meleleh seperti panci, periuk, botol dan perabotan lainnya. Bagi pengunjung yang ingin tahu dan ingin melihat langsung bagaimana dahsyatnya amukan Gunung merapi bisa datang ke Museum Mini Sisa Hartaku. 

motor terkena erupsi merapi

Bekas Rumah Milik Warga 

Lokasi Museum Mini Sisa Hartaku terletak di Jl. Petung, Petung, Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Untuk lebih detail bisa lihat di google map. Museum ini adalah bekas rumah milik salah satu warga disana. Ketika admin berkunjung kesini properti pertama yang dilihat adalah kerangka kerbau. Sisa tulang belulang kerbau dipajang di halaman rumah berdekatan dengan miniatur rumah yang masih utuh sebelum diterjang letusan Gunung Merapi. Kami dipandu oleh seorang sopir Jeep yang mengantar kesana. Bapak Sopir yang juga sebagai guide menjelaskan dengan detail kejadian erupsi Gunung Merapi dan juga membantu kami mengambilkan beberapa foto diri. 

Saksi Bisu Erupsi Merapi

Beranjak ke dalam memasuki rumah dapat melihat lukisan Mbah Marijan, sepeda yang meleleh, serta perbotan rumah tangga yang meleleh. Menariknya disini ditemukan jam dinding yang masih terpajang,  yang menurut sopir/guide yang memandu kami adalah waktu yang menunjukan jam berapa letusan menerjang rumah tersebut, sesuai jarum penunjuk pada jam. 

benda di museum sisa hartaku perabotan meleleh akibat erupsi merapi

Memasuki rumah yang disebut museum itu, tak beda dengan rumah biasa dengan kelengkapan ruang tamu, kamar tidur, kamar  mandi, dan dapur. Namun, banyak sekali barang-barang atau peralatan yang sudah berubah wujud. Mulai dari radio, mesin jahit, buku-buku, baju-baju, alat-alat rumah tangga dan lain-lain yang kesemuanya sudah penyok dan rusak. Hal itu dikarenakan panasnya lahar atau udara saat erupsi. Bahkan tulang-belulang hewan dan rangka sepeda motor juga menjadi saksi bisu kedahsyatan erupsinya Gunung Merapi.

Museum dibangun untuk bisa belajar dari barang-barang yang ditinggalkan mengenai kejadian masa lampau yang erat kaitannya dengan sejarah. dan juga barang-barang yang dipajang berderet mengajarkan banyak hal. Atau sebuah museum dibangun sebagai pertanda bahwa pernah ada kejadian yang besar di masa lampau.