Pesona Wisata Kalibiru Kulon Progo

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memang istimewa. Bukan saja model pemerintahannya yang istimewa di mana Raja dalam hal ini Sultan Hemengku Buwono merangkap jabatan sekaligus sebagai gubernur, tetapi propinsi yang berbatasan dengan Jawa Tengan di sisi utara, timur, dan barat ini juga memiliki keistimewaan lain dalam hal keragam objek wisatanya. Malioboro, Tugu Jogja, Pantai Parangtritis atau Candi Prambanan tentu sudah sangat familiar di telinga berbagai pelancong yang pernah singgah ke Kota Gudeg ini. Namun, sudahkan Anda mencoba mendatangi Pesona Wisata Kalibiru yang ada di Kabupaten Kulon Progo? Jika belum, kali ini de Jogja akan mengajak Anda bersafari ke tempat wisata baru yang cocok buat foto-foto itu.

Sebelum jauh mengulik pesonanya, terlebih dahulu mari kita telisik lokasinya.  Kalibiru adalah sebuah objek wisata alam yang berlokasi di desa Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo—kabupaten yang terletak di paling barat wilayah Yogyakarta. Tempat ini menyuguhkan panoraram perbukitan yang indah, asri dan menenangkan.

kalibiru de jogja (1)

Awalnya, tempat ini dibangun oleh masyakarat sekitar sebagai inisiatif untuk tetap menjaga hutan tetap hijau dan lestari. Proses panjang masyarakat sekitar menghijaukan bukit dan kawasan yang dulunya tandus dan gersang itu kini telah sukses. Kalibiru menjadi destinasi wisata alternatif baru di Yogyakarta sekaligus primadona wisata anyar di Kabupaten Kulon Progo.

Kalibiru sendiri merupakan kawasan hutan yang berada di ketinggian 450 mdpl. Tak sulit untuk menjangkau tempat ini. Perjalanan bisa dimulai dari Sentolo menju daerah Pengasih. Dari kawasan tersebut, Anda bisa mengikuti jakan melewati alun-alun dan RSUD Wates dan kemudian ke Beji. Dari titik tersebut, perjalanan bisa dilanjutkan ke arah Sermo sebelum akhirnya sampai di Kalibiru.

kalibiru de jogja (2)

Rute lain, jika Anda datang dari pusat Kota Jogja, bisa langsung menuju ke barat menuju kota Wates. Dari Ibu Kota Kabupaten Kulon Progo tersebut, lanjutkan perjalanan menuju Waduk Sermo dan ikuti petunjuk atau gunakan Google Map hingga akhirnya sampai di Kalibiru. Perjalanan dari pusat kota Jogja diperkirakan sekitar 1 hingga 1,5 jam.

Sesampainya di Kalibiru, Anda akan dibuai dengan rindang pepohonan. Tak perlu khawatir soal parkir jika Anda membawa kendaraan pribadi. Di kawasan wisata ini terdapart areal parkir yang memadai. Pun Anda juga tak perlu was-was kunjungan ke Kalibiru membuat kantong jebol. Pasalnya, harga tiketnya sangat terjangkau, Rp 5.000 saja (harga tiket mungkin saja bisa berubah sewaktu-waktu—pastikan Anda mencari informasi persis sebelum datang ke lokasi).

Tempat ini benar-benar cocok untuk wisata keluarga, anak-anak, remaja hingga dewasa bisa berkunjung ke tempat ini. Saat cuaca cerah deretan Perbukitan Menoreh yang hijau dan subur terlihat begitu jelas. Debur ombak dari pantai selatan juga terlihart dari kejauhan. Di sisi timur pun tampak dataran yang menghampar luas bak tak bertepi.

kalibiru de jogja (3)

Baca juga : Paket Outbound Jogja

Nah, di puncaknya Anda bisa menjumpai prasasti batu, menara pandang juga fly over. Tentu saja, wahana tersebut sangat menantang adrenalin. Etzzz.. tetapi bagi Anda yang memiliki phobia ketinggian disarankan untuk tidak menjajal wahana-wahana tersebut.

Sembari menikmati hijau pemandangan dari ketinggian, Anda juga bisa berselfie ria. Banyak spot menarik yang sengaja pengelola siapkan untuk pengunjung agar bisa berfoto dengan angle yang bagus. Dari ketinggian, Anda bisa berfoto dengan latar perbukitan berjajar yang begitu menakjubkan dan pepohonan yang begitu lebat. Eloknya lagi, dari kejauhan Waduk Sermo juga terlihat, sehingga pemandangan kian paripurna. Untuk melihat Waduk Sermo tersebut, Anda bisa naik ke gardu pandang.

Apabila Anda ingin mendapati panorama yang unik dari waduk tersebut, datanglah pada pagi hari atau sekalian pada sore hari. Pada pagi hari kabut tipis akan menyelimuti perairan waduk dan perlahan kabut itu akan tersingkap seiring mentari yang meninggi. Sementara kala senja, Anda bisa menyaksikan keindahan sang surya kembali ke peraduaannya dari waduk tersebut dengan begitu menakjubkan—tentu jika cuaca cerah.

kalibiru de jogja (4)

Baca juga : 5 Penginapan Cantik di Jogja, Harga Murah

Satu informasi, untuk mengambil foto biasanya dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 hingga Rp 35000 tergantung spot fotonya. Namun, harga ini tidaklah seberapa dibandingkan dengan kenikmatan alam dan kepuasan batin yang didapatkan dengan melihat panorama sekitar Kaliburu.

Tak sekedar melihat hijau pemandangan pepohonan, di Kalibiru Anda dan keluarga juga bisa menghabiskan waktu bersantai bersama. Apalagi di Kaliburu fasilitasnya cukup memadai. Warung makan banyak tersedia di sekitar lokasi, sehingga Anda tak perlu khawatir perut akan keroncongan di tengah petualangan. Mengajak si kecil juga tidak akan kerepotan, karena sewaktu-waktu mereka minta ‘jajan’, banyak warung atau kedai yang menyajikan makanan baik berat maupun ringan. Beberapa kuliner mengenyangkan yang bisa dijajal dan dijajakan di sekitar Kaliburu antara lain, lontong sayur dan mie ayam pangsit.

Lebih dari itu, di lokasi wisata ini juga terdapat fasilitas camping ground dan outbond untuk menghabiskan waktu. Apabila Anda dan keluarga ingin lebih lama menikmati alam Kulon Progo, bisa menginap pula di home stay yang ada di sekitar Kalibiru.

Nah, demikian sekilas tentang objek wisata Kaliburu di Kulon Progo, Yogyakarta. Bagaimana, Anda tertarik menghabiskan liburan Anda di tempat ini? (y)

Tag: Cocok Buat Foto, Inilah Pesona Wisata Kalibiru, Kulon Progo, Kaliburu, Wisata Kaliburu, Perbukitan Menoreh, Waduk Sermo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jogja, Wates, Malioboro, Tugu Jogja, Pantai Parangtritis, Candi Prambanan

Baca juga : Tips Memilih Paket Outbound yang Tepat untuk Perusahaan

Outbound Jogja : 081294274691