Tempat Wisata di Jogja yang Romantis di Malam Hari

 

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Bernama lengkap Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), tempat yang satu ini memang istimewa. Kerap disebut sebagai ‘Jogja’ saja, di tempat ini banyak terdapat banyak destinasi wisata menarik, mulai dari yang menyuguhkan panorama alam asri, deretan pantai yang eksotis hingga deretan-deretan tempat ikonik yang romantis. Berikut Dejogja akan barbagi tempat wisata di Jogja yang romantis malam hari.

Pertama, Taman Pelangi Yogyakarta yang terletak di Monumen Jogja Kembali. Secara administrasi, tempat wisata ikonik ini berada di Kelurahan Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Seperti namanya, taman yang buka hingga pukul 22.00 WIB di hari kerja dan 23.00 WIB di akhir pekan ini menyuguhkan keindahan taman berwarna-warni. Lantaran disaksikan pada malam hari, tentu bukan beragam tumbuhan dan bunga-bunga yang membuat taman ini berwarna di malam hari, melainkan berbagai kerlip lampu juga lampion yang ada. Anda bisa berfoto-foto dengan puas di tempat ini.

Bergeser dari utara ke selatan menuju ke Tugu Jogja yang dikenal sebagai garis imajiner yang menghubungkan Gunung Merapi, Keraton Jogja, dan Pantai Selatan. Tugu ini menjadi ikon wisata Jogja, maka tak heran jika banyak wisatawan yang ingin mengabadikan diri dengan berfoto di tempat ini. Saat malam tiba, suasana semakin riuh menyusul banyaknya wisatawan yang ingin berfoto berlatarkan tugu bersejarah itu. Malam lebih dipilih untuk mengunjungi tempat ini, karena lebih sepi dari kendaraan.

Lebih ke selatan lagi, ada Titik Nol Kilometer. Ya, Kota Gudeg memiliki tempat unik yang bernama Titik Nol Kilometer, yang tak lain merupakan’Jantung Kota’. Di tempat ini banyak berdiri bangunan penting bersejarah. Mulai dari Kantor Pos, Benteng Vredeburg, Gedung Agung alias Istana Presiden di Jogja. Sedikit ke selatan dari titik ini, Anda bahkan akan menjumpai Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Nah, di sepanjang jalan bangunan-bangunan tua itu dihiasi lampu merkuri yang otomatis akan menyala saat malam hari. Suasana pun begitu romantis, jauh berbeda dari suasana saat siang yang begitu menyengat.

Sebelum menjumpai keraton, dari Titik Nol akan melewati Alun-Alun Utara. Dahulu tempat ini sepi, karena tak semua orang bisa datang ke tempat ini demi menghormati Sultan. Namun, kini zaman telah berubah, Alun-Alun Utara pun menjadi pusat kegiatan masyarakat. Tempat ini tak pernah sepi dan pada malam lebih ‘hidup’.

Semakin ke selatan, ada Alun-Alun Kidul yang berada di sisi selatan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Saat malam tiba, suasana di alun-alun ini memang unik, karena banyak permainan sepeda dan mobil yang dihiasi lampu berwarna-warni. Selain sekedar menikmati suasana yang meriah, Anda juga bisa berselfie di tempat ini.

Dari pusat Kota Jogja, kita bergeser ke timur, ke Kabupaten Gunung Kidul. Di kabupaten yang wilayahnya banyak memiliki tanah karst ini terdapat sebuah bukit yang cantik. Namanya adalah Bukit Bintang. Lokasi ini berada di tepi jalan menuju pusat Kota Wonosari, Ibu Kota Kabupaten Gunung Kidul. Dari tempat ini, Anda bisa menyaksikan keindahan Jogja dan sekitarnya dari ketinggian. Tampak kerlap-kerlip lampu cantik dari kejauhan dan ketinggian. Inilah yang membuat tempat tersebut disebut Bukit Bintang.

Nah, demikian beberapa tempat wisata di Jogja yang romantis di malam hari. Mengingat letaknya yang tak terlalu jauh, sangat memungkinkan bagi Anda untuk melihat seluruh tempat tersebut dalam satu malam. (y)

Paket Outbound Jogja, Lava Tour Merapi, Arung Jeram Jogja, Paket Amazing Race, Goa Pindul Jogja, Paket Tour Jogja, Paint Ball Jogja, Team Building Jogja, Paket Wisata Jogja, Wisata Borobudur Jogja