Tempat Wisata Eksotis dan Gratis Masuk di Jogjakarta

 

Istimewa! Kata ini yang paling pantas untuk menggambarkan Yogyakarta. Hal ini tak terlepas dari keindahan alam, budaya hingga keramahan masyarakatnya. Eloknya lagi, Jogja termasuk salah satu tujuan wisata yang terbilang ramah di kantong di Indonesia. Tentu, saja mengingat banyaknya tempat wisata eksotis dan gratis yang dapat dijumpai di Jogja. Wah, tempatnya di mana saja, Dejogja akan memberikan ulasannya.

Tugu Golong Giling

Tempat wisata gratis yang pertama di Jogja adalah Tugu Pal Putih alias Tugu Golong Giling. Tugu tua ini dibangun sejak 1755 silam oleh Sri Sultan Hamengku Buwono 1 dan menjadi simbolis garis  imajiner gunung Merapi, Keraton NGayogyakarta Hadiningrat serta Pantai Selatan. Tempat ini ramai dikunjungi justru saat sore hingga menjelang malam. Umunnya, pengunjung akan menunggu waktu jalanan sepi, tak heran jika malam hari justru menjadi waktu favorit berfoto. Lagi pula, pada malam hari Anda akan mendapatkan pemandangan lampu menyala di tugu dan sekitarnya. Lebih eksostis ketimbang foto pada siang hari.

Gereja Tua Sayidan

Tak jauh-jauh dari Tugu Golong Giling, Anda juga bisa menemukan lokasi wisata lain yang gratis! Namanya adalah Gereja Tua Sayidan. Tempat ini sangat cocok Anda kunjungi, terutama bagi Anda yang menyukai wisata sejarah dan arsitektur. Seperti namanya, berlokasi di Sayidan, Gondomanan, Yogyakarta, gereja kuno ini memiliki tampilan yang sangat khas layaknya bangunan Eropa. Bangunan yang kerap disebut sebagai Gereja Gotik itu tampak tinggi menjulang diantara bangunan lainya di jalan Prawirodirjan, Gondomanan, Kota yogyakarta.

Meski disebut gereja, nyatanya Gereja Gotik bukanlah tempat ibadah, melainkan rumah hunian. Sempat viral pada 2017 lalu, tempat ini sangat cocok dijadikan pelengkap wisata Anda ke Kota Gudeg ini.

Tebing Bereksi

paket-outbound-jogja

Bergeser dari pusat kota Jogja, kita menuju perbatasan timur Jogja dengan Jawa Tengah. Ada tebing breksi yang belakangan namanya semakin naik daun di kalangan masyarakat, khususnya kawula muda. Tebing yang berjarak beberapa kilo meter ke selatan dari Candi Prambanan ini, awalnya merupakan lokasi penambangan. Namun,  lokasi penambangan ini merupakan batuan yang berasal dari aktivitas vulkanis Gunung Api Purba Nglanggeran ini kemudian di tutup oleh pemerintah pada 2014. Selang setahun kemudian, Tebing Breksi ini diresmikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X sebagai tempat wisata baru di Jogja.

Di lokasi wisata yang masuk di kabupaten Sleman ini, Anda bisa menyaksikan Jogjakarta dari ketinggian. Dinding-dining tebing pun diukir menarik, sehingga menjadi pemandangan yang cukup mengagumkan. Tempat ini juga cocok untuk berselfie.

Baca juga : Tips Memilih Paket Outbound yang Tepat untuk Perusahaan

Candi Abang

Masih dari wilayah Sleman, ada Candi Abang yang bisa dijadikan pilihan wisata gratis di Jogja. Lokasi persis dari candi ini ada di Jogotirto, Berbah, Sleman. Secara fisik mungkin Anda akan bingung menemukan candi abang alias merah. Pasalnya, saat Anda datang yang terlihat  adalah gundukan bata candi yang tertutup oleh rumput.

Pemandangan ini justru mengingatkan pada bukit Teletubbies di Bromo, Jawa timur. Bedanya jika bukit Teletubbies benar-benar bukit, jika gundukan di tempat ini adalah candi yang tertimbun.

Disebut Candi Abang (merah) karena memang candi ini terbuat dari bata merah. Bentuk candi itu persegi empat dengan ukuran 36×34 meter. Saat pertama kali ditemukan, di kawasan candi ini terdapat arca dan alas Yoni sebagai lambang dewa Siwa. Temuan ini mengindikasikan jika Candi Abang merupakan peninggalan Hindu.

Nah demikian beberapa tempat wisata eksotis dan gratis masuk di Jogja. Semoga bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin ‘membolang’ ke Kota Gudeg ini. Selamat berpetualang dan bersenang-senang! (y)

Paket Outbound Jogja, Lava Tour Merapi, Arung Jeram Jogja, Paket Amazing Race, Goa Pindul Jogja, Paket Tour Jogja, Paint Ball Jogja, Team Building Jogja, Paket Wisata Jogja, Wisata Borobudur Jogja

Baca juga : Paket Outbound Jogja

 

Outbound Jogja : 081294274691