20 Tempat Wisata Populer di Jogja

Selain memiliki tatanan sistem pemerintahan yang ‘istimewa’  lantaran raja, yaitu Sri Sultan Hamengku Buwono X yang sekaligus menjabar sebagai Gubernur, Yogyakarta juga istimewa berkat kepemilikan bentang alam yang luar biasa komplit.

Kali ini Dejogja Adventure akan mengajak Anda berkeliling ke 20 tempat wisata populer di Jogja.

Kaliurang

Tempat ini bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam dari pusat Kota Jogja. Berada di ketinggian, tak mengherankan jika sudu udara di tempat ini begitu sejuk. Tanaman-tanaman khas pegunungan, seperti cemara banyak dijumpai di sekitar tempat wisata ini, cocok untuk Anda yang ingin relaksasi dari keramaian kota.

Lava Tour Merapi

Petualangan itu dilakukan dengan menaiki mobil Jeep Hartop yang dikenal tangguh menaklukan medan ‘liar’. Tempat-tempat yang dikunjungi dalam rangkaian tour ini di antaranya adalah Bunker Kaliadem, Petilasan Mbah Mardjan, Museum Sisa Hartaku, Pasir Panas, juga tour ke Kali Kuning. Banyak opsi destinasi tempat yang bisa dituju, biasanya hal tersebut bergantung dari paket tour yang diambil.

Makam Mbah Maridjan

Namanya mulai dikenal publik di Tanah Air setelah erupsi pada 2006 dan kian populer menyusul perusahaan minuman berenergi yang menggandengnya sebagai bintang iklan. Sayang, erupsi Merapi Oktober 2010 itu besar dan Sang Juru Kunci Merapi itu pun meninggal beserta sejumlah orang lain terkena awan panas atau yang lebih dikenal masyarakat dengan wedhus gembel. Ia kemudian dimakamkan di Dusun Kinahrejo. Makamnya pun tak pernah sepi pengunjung.

Candi Prambanan

Bergeser ke Candi Prambanan yang juga tak kalah ramai dipadati pengunjung sepanjang tahun. Candi peningalan dinasti sanjaya ini menjadi bukti sejarah yang tak terbantahkan jika di Jawa, khususnya di Jogja masyarakatnya telah memiliki peradaban tinggi sejak dahulu. Hal ini diwujdukan dengan kemampuan mereka membuat struktur Candi Prambanan yang rumit, unik, detil dan awet bahkan sampai saat ini. Selain sekedar melihat bangunan Candi, di tempat ini Anda juga berbelanja souvenir  dan menikmati taman.

Tebing Breksi

Ke selatan dari Candi Prambanan, Anda bisa menyaksikan keindahan bekas kawasan pertambangan batu kapur yang disulap menjadi tempat rekreasi kekinian. Dibuka sejak hampir 5 tahun silam, tempat ini tak pernah sepi dari pengunjung. Biasanya pengunjung datang untuk berfoto-foto atau sekedar menikmati pemandangan.

Baca juga: Wisata Bandung

Candi Ijo

Tak jauh dari Tebing Breksi terdapat Candi Ijo yang merupakan peninggalan masa Hindu. Sekilas melihat, candi ini tak ubahnya seperti kebanyakan candi lain yang berada di kawasan Jogja dan Jawa Tengah dengan bahan batu hitam. Sebutan ‘ijo’ sendiri lantaran dari kawasan candi ini, pengunjung bisa melihat suasana hijau di sekitarnya. Waktu terbaik untuk berkunjung ke candi ini adalah pada musim kemarau, sehingga Anda bisa mendapatkan view senja yang bagus.

Malioboro

Melengkapi kegiatan melancong di Kota Budaya, pastikan tak lupa menjelajah sepanjang Jalan Malioboro. Selain dapat berfoto-foto, Anda juga bisa berbelanja berbagai cindera mata khas Jogja yang unik. Ingat, jangan lupa menawar saat berbelanja agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Pasar Beringharjo

Di pasar ini, Anda bisa berbelanja beragam kebutuhan, mulai dari panganan, bumbu dapur, barang antik dan entik, hingga pakaian. Anda yang ingin memborong batik baik dalam bentuk kain maupun yang sudah jadi pakaian, Pasar Beringharjo adalah ‘tempat terbaik’.

Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg yang merupakan peninggalan dari masa Hindia Belanda. Di museum ini, terdapat berbagai peninggalan sejarah dari masa Hindia Belanda maupun sejenak bernostalgia menyaksikan ‘zaman perang’ lewat diorama apik yang ditampilkan. Bangunannya yang unik juga membuat Benteng Vredeburg sebagai salah satu lokasi berfoto yang instagramable.

Baca juga: Wisata Jogja

Gedung Agung (Istana Kepresidenan Yogyakarta)

Tepat di depan Benteng Vredeburg berdiri megah bangunan Istana Kepresidenan Yogyakarta atau kerap pula disebut sebagai Gedung Agung. Meski tak sembarangan orang bisa masuk ke tempat ini, tetapi menyaksikannya dari luar dengan jarak dekat cukup untuk mengobati penasaran akan istana negara yang ada di Kota Jogja bukan?!

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Baik Benteng vredeburg maupun Gedung Agung keduanya berada di sisi utara perempatan titik 0 kilo meter. Nah, hanya beberapa ratus meter ke selatan dari titik ini, Anda akan menjumpai Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang merupakan ‘pecahan’ kerajaan peninggalan Mataram Isalam yang sampai kini masih tetap eksis. Memasuki kawasan keraton, Anda akan dibawa ke suasa kerajaan dan meninggalkan hiruk pikuk kemodern-an.

Taman Sari

Tidak jauh dari keraton, ada Istana Air Taman Sari yang dulu dikenal sebagai tempat meditasi sekaligus rekreasi bagi keluarga kerajaan Ngayogyakarta Hadiningrat. Taman ini juga berfungsi sebagai benteng pertahanan terhadap musuh yang menyerang. Keunikan bangunannya membuat banyak orang ingin menyaksikannya secara langsung sekaligus ingin berfoto-foto.

Museum Sonobudoyo

Sedikit ke selatan dari titik nol km, Anda akan menjumpai Museum Sonobudoyo yang menyimpan berbagai koleksi-koleksi bersejarah mengenai budaya dan sejarah Jawa. Anda yang menggemari wisata sejarah, tak ada salahnya sejenak melipir ke tempat ini.

Makam Imogiri

Terletak di Imogiri, Bantul, Makam Imogori adalah makamnya para raja-raja baik dari Kasunanan Surakarta maupun dari Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Anda yang ingin masuk ke lokasi makam tertentu di tempat ini diwajibkan menggunakan pakaian adat Jawa.

Goa Pindul

Beranjak ke Gunung Kidul, kita menuju Goa Pindul yang memiliki bentukan alam unik. Untuk menyusuri goa ini, Anda diharuskan menggunakan pelampung, karena berada di dalam air. Ada pemandu yang siap menemani, sehingga tak perlu khawatir bagi Anda yang awam berenang.

Gunung Api Purba Ngelanggeran

Ada pula Gunung Api Purba Ngelanggeran yang berada di ketinggian 200-700 mdpl, gunung ini berada di kawasan Baturagung. Tempat wisata yang tergolong baru ini merupakan pilihan baru untuk menyaksikan panorama kota Jogja dari ketinggian. Mendiang Didi Kempot bahkan mengabadikan tempat ini dalam sebuah lagu syahdu berjudul ‘Banyu Langit’.

Pantai Parangtritis

Puas menjelajah pegunungan hingga perkotaan, sejenak menepi di kawasan pantai. Dari Pantai Parangtritis, Anda bisa menyaksikamn ombak samudra bertaluan. Tak perlu takut kelaparan, karena banyak warung yang menjajakan makanan di sekitarnya. Lagi pula, sekarang juga banyak spot menarik untuk berfoto.

Pantai Depok

Namun, jika Anda benar-benar pecinta seafood, Pantai Depok adalah pilihan yang tepat. Di pantai ini Anda bisa menyaksikan pulang dari mencari ikan saat pagi hari dan membawa hasil laut segar. Di sekitar pantai juga banyak terdapat warung-warung makan yang mengolah hasil ikan laut segar.

Pantai Baron, Krakal, Kukup

Apabila Anda ingin menyaksikan keindahan pantai-pantai ekostis berpasir putih, bergeserlah ke sisi selatan Gunung Kidul. Di kabupaten yang wilayahnya meliputi sebagian besar wilayah pegunungan seribu ini, Anda akan menyaksikan deretan pantai berpasir putih nan ciamik yang sangat terkenal, yaitu Pantai Baron, Krakal dan Kukup. Pantai ini telah kondang sejak beberapa dekade silam.

Pantai Sepanjang

Berbeda dengan ‘trio’ pantai primadona di Gunung Kidul itu, Pantai Sepanjang belum terlalu lama dikenal. Meski demikian, dalam beberapa tahun belakangan, pantai ini semakin dikenal menyusul semakin banyaknya orang yang menjepret keindahannya dan mengunggahnya di media sosial. Tak ayal, banyak orang yang semakin penasara akan keindahan pantainya yang benar-benar panjang dan berpasir putih itu.

Demikain 10 tempat Wisata Populer yang ada di Jogja. Rencananya Anda ingin berkunjung ke mana, atau tempat mana saja yang sudah Anda jelajahi? (y)

Tag: Tempat Wisata Populer Jogja

Baca juga: Outbound Jogja

Outbound Jogja: 081294274691