Wisata Lava Tour Merapi, Lahir Dari Bencana – Sejak terjadi erupsi Gunung Merapi yang cukup besar di tahun 2010, Kawasan Kaliurang sejak itu memiliki atraksi wisata baru yang tak pernah sepi dari wisatawan baik asing maupun lokal yaitu Lava Tour Merapi.

Lava Tour Merapi ini ditawarkan dengan 2 variasi kendaraan: Jeep dan Motor Trail. Kita bisa memilih antara naik Motor Trail atau naik Jeep. Namun paket menggunakan jeep lebih populer karena bisa barengan dengan teman-teman atau keluarga dalam 1 jeep. Sehingga keseruan bisa dinikmati rame-rame.

lava tour wisata bencana

Untuk trip lava tour menggunakan Jeep, durasinya berkisar antara 1,5 – 2.5 jam. Untuk harga biaya lava tour menggunakan jeep sangat bervariasi harganya. Tergantung pada jenis jeep yang kita naiki (ada Jeep Willys, Hardtop, hingga Land Rover dengan kapasitas dari masing-masing jeep rata-rata adalah 3-4 penumpang per jeep.) dan juga trip panjang yang kita pilih. Kisaran harganya adalah Rp. 350.000,- sampai Rp. 650.000,- per jeep dan per tripnya.

Di sepanjang perjalanan selama trip Lava Tour merapi ini, kita dapat banyak menikmati pemandangan dan panorama alam dari kaki Gunung Merapi yang sangat indah. Sangat instagramable. Terutama kalau mengambil sunrise trip untuk paket lava tour merapi nya. Selain panorama alam nya, kita juga dapat menyaksikan langsung kegagahan Gunung Merapi ini dari jarak dekat selama perjalanan trip lava tour merapi ini.

Bunker Kaliadem

bunker kaliadem

Bunker (atau bungker?) Kaliadem adalah titik kunjungan favorit dari trip Lava Tour Merapi ini. Dari Bungker Merapi ini kita bisa menyaksikan pemandangan dengan latar belakang Gunung Merapi yang berdiri dengan gagah dan indahnya, serta melihat matahari terbit saat pagi hari dan maupun terbenam pada sore hari. Bungker ini dulunya adalah merupakan tempat bersembunyi dan berlindung dari lahar panas saat terjadi erupsi. Namun saat ini sudah tidak digunakan lagi sebagai tempat perlindungan. Alasan tidak dipakainya lagi bungker ini sebagai tempat perlindungan adalah karena pada tahun 2010 tersebut letusan yang keluar dari Gunung Merapi sangatlah dahsyat dan panas, sehingga dua relawan yang berlindung di dalam bungker ini tidak tertolong, gugur karena hawa panas dari lahar yang menyelimuti bungker dalam waktu yang lama.

Museum Sisa Hartaku

museum sisa hartaku

Objek ini adalah museum sisa erupsi dan merupakan saksi bisu dari erupsi besar Gunung Merapi yang terjadi pada tahun 2010. Museum sisa erupsi ini dulunya adalah rumah penduduk, yang terkena semburan awan panas saat erupsi di tahun 2010 kemarin. Kita dapat menemukan berbagai rangka termasuk kerangka sepeda motor, tabung televisi, peralatan rumah tangga dan dapur, peralatan musik. Dulunya rumah ini juga merupakan sanggar seni) bahkan kerangka tulang sapi di Museum Sisa Hartaku ini. Semua yang disebut tadi sudah hangus terkena amukan awan panas dari erupsi tersebut.

Dirintis mulai 1 tahun pasca erupsi Merapi tahun 2010, paket lava tour merapi sampai saat ini (tahun 2019) masih memiliki peminat yang sangat banyak, terutama untuk paket lava tour dengan jeepnya. Lava tour merapi ini memang bisa jadi pilihan kegiatan seru yang bisa dinikmati beramai-ramai saat kita berlibur ke Jogja.