Lava Tour Merapi

Wisata di lereng Gunung Merapi terus berkembang setelah Gunung Merapi meletus pada tahun 2010 lalu. Namun pemandangan dengan perbukitan yang mengelilingi gunung justru menjadi daya tarik pengunjung. Oleh karena itu, pada pembahasan kali ini akan dibahas beberapa atraksi yang salah satunya ialah objek wisata Lava Tour Merapi.

  • Batu Alien

Tempat wisata Lava Tour Merapi yang pertama adalah kawasan Batu Alien di kawasan Cangkringan. Batuan alien ini sebenarnya merupakan batuan vulkanik besar yang terbawa lahar akibat letusan tahun 2010 lalu. Dengan itu menjadikan hal yang menarik dari batu ini adalah kemiripan visualnya dengan wajah alien. Dari sudut tertentu, batu ini terlihat seperti memiliki mata, hidung, mulut, dan telinga. Sehingga jika dilihat sekilas, batu ini terlihat seperti alien yang menghadap ke atas.

  • Bunker Kaliadem

Bunker Kaliadem, mungkin diantara kita sudah tidak asing lagi mendengar nama tersebut karena sejatinya penamaan bunker kaliadem ini ternyata sudah berdiri sejak zaman kolonial hingga saat ini. Dimana Bunker Kaliadem ini dibangun untuk melindungi dari letusan Gunung Merapi. Namun, kini telah menjadi objek wisata untuk dikunjungi wisatawan. Tidak hanya itu, jika ingin mengujungi tempat ini para wisatawan hanya diperbolehkan membawa kendaraan pribadi sampai ke kawasan Kinahrejo, kini para wisatawan juga bisa menyewa jasa jeep Merapi Lava Tour untuk penulusuran lebih konkret lagi mengenai Bunker Kaliadem ini.

  • Manuver Kali Kuning

Manuver kali kungin ialah tempat wisata yang tidak kalah menarik dengan tempat wisata lainnya karena Selama perjalanan menuju Kali Kuning, para pengunjung akan dimanjakan dengan panorama alam yang sangat beragam diantaranya berupa hutan pinus dan pegunungan bebatuan yang tinggi. Di tengah kedua batu karang tinggi itu terdapat Kali Kuning dengan aliran air jernih yang datar. Para pengunjung biasa menyeberangi jembatan Pluyon yang berada di atas Kali Kuning. Menjadikan manuver ini sangat ditunggu – tunggu bagi para pengunjung. Dimana para pengunjung akan merasakan serunya jeep melewati kubangan yang agak dalam. Oleh karena itu pada umumnya, para pengunjung  bisa menikmati serunya manuver kali kuning dengan menyewa Lava Tour Merapi Jeep.

  • Museum mini

Museum mini merupakan salah satu tempat yang mempunyai daya Tarik tersendiri karena tempat wisata ini masihi menyisakan sisa-sisa letusan Gunung Merapi tahun 2010, jika ingin mengunjungi tempat wisata ini, wisatawan bisa mengunjungi Museum Mini Sisa Hartaku. Dimana tempat wisata ini terletak di Kepuharjo, Cangkringan. Dan museum ini juga merupakan peninggalann rumah seorang warga bernama Watinem.

Dimana kejadian ini terlihat setahun setelah erupsi, Sriyanto yang merupakan “anak Watinem” mengumpulkan sisa harta mereka akibat erupsi gunung merapi. Dengan hal itu, justru membuat koleksinya banyak menarik perhatian wisatawan. Salah satunya berupa koleksi kerangka sapi yang menjadi korban letusan Gunung Merapi.

  • Rumah Mbah Maridjan

Rumah Mbah Maridjan merupakan salah satu nama yang sudah tidak asing bagi kita. Betul, rumah ini merupakan bekas rumah juru kunci Gunung Merapi yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Terletak di Desa Kinahrejo, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman. Para wisatawan nasional hingga manca negara tetap banyak yang berkunjung kesana, meskipun rumahnya sudah tidak terlihat lagi. Wisatawan yang berkunjung biasanya melakukan aktivitas berupa doa, berfoto ataupun menanam pohon di sekitaran halaman rumahnya.

  • Stonehenge

Tempat wisata ini merupakan tiruan dari Stonehenge di Inggris. Tempatnya tidak jauh dari dua tempat wisata Lost World Castle dan Museum Mini Sisa Hartaku. Dinamakan Stonehenge karena bentuk susunan batu yang sangat mirip dengan rupa aslinya. Diikuti dengan hamparan rumput  hijau, tentunya sangat menarik bagi para wisatawan untuk berfoto layaknya model dan diabadikan dalam media sosial.

Stonehenge diresmikan pada akhir 2016 dan banyak dikunjungi para turis sejak saat itu. Batu-batuan yang digunakan di tempat wisata ini uniknya berasal dari sisa-sisa letusan Gunung Merapi tahun 2010 lalu. Yang tentunya sangat menarik bagi para wisatawan, tidak hanya melihat tapi juga menikmati pemandangan Gunung Merapi yang sangat indah dari tempat ini.

  • The Lost World Castle

The Lost World Castle dibangun di kawasan Kepuharjo. Ini memiliki fitur arsitektur kastil yang unik yang mengingatkan pada Kastil Takeshi atau sering disebut dengan “Benteng Takeshi”. Nama “Lost World” diambil untuk mengenang desa Kepuharjo yang hilang saat erupsi Gunung Merapi. Selain bangunannya yang unik, tempat ini juga sering dikunjungi karena menawarkan spot foto yang dapat diabadikan di media sosial. Beberapa di antaranya adalah Gerbang Surga, Wild Wild West, Lukisan 3D, Kapal Mutiara Hitam atau disebut juga dengan kapal Black Pearl, Rumah Hobbit, dan Replika Fosil Dinosaurus. Inilah tujuh objek wisata Lava Tour Merapi yang bisa dikunjungi wisatawan. Karena objek wisata ini memiliki banyak variasi panorama Gunung Merapi yang indah dan tidak kalah menarik, tetapi juga memberikan sejara peninggalan letusan tahun 2010 silam. 

Tag : Paket Lava Tour Merapi, Paket Lava Tour Merapi

CP : 081276236606

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat via Whatsapp