7 Objek Wisata Sekitar Tempat Lava Tour Merapi Di Jogja

Tempat Lava Tour Merapi di Jogja masih jadi destinasi wisata wajib dikunjungi para wisatawan. Berlokasi di sekitar area Kaliurang, yang mana pernah jadi saksi bisu dahsyatnya letusan gunung Merapi tahun 2010 lalu. Peninggalan bencana alam tersebut kini dimanfaatkan warga sebagai tempat wisata yang tak pernah sepi dari pengunjung lokal hingga mancanegara.

Selain bermanuver dengan mobil Jeep, Sobat DTT juga dapat mengunjungi berbagai lokasi wisata lain di sekitar sini. Ada apa sajakah?

 

Wisata Sekitar Lava Tour Merapi

Pasca letusan Merapi yang meratakan pemukiman di kawasan Kaliurang tersebut mulai muncul objek wisata baru dengan penawaran atraksi menarik dan belum pernah ada sebelumnya.

1.  Bunker Kaliadem

Merupakan peninggalan era kolonial Belanda, bunker inipun dimanfaatkan pula sebagai lokasi berlindung warga sekitar ketika gunung Merapi erupsi. Akan tetapi wisatawan juga diperbolehkan masuk ke dalam bunker.

2. Batu Alien

Sisa letusan dan banjir dari lahar Merapi menghasilkan bongkahan batu vulkanik jumbo yang memiliki bentuk unik bak alien. Keunikan batu yang tampak memiliki hidung, wajah, mata, hingga telinga tersebut dijadikan objek wisata bernama Batu Alien yang berlokasi di Cangkringan.

3. Museum Mini

Tak jauh dari lokasi Lava Tour Merapi Jogja, Sobat DTT bisa melihat sisa erupsi Merapi tahun 2010 lalu di Museum Mini Sisa Hartaku. Merupakan bekas rumah warga bernama Watinem, wisatawan dapat melihat berbagai koleksi sisa harta benda milik keluarga Watinem  yang sengaja dikumpulkan. Menariknya lagi, di sini juga memajang kerangka sapi.

4. Stonehenge

Mau melihat jajaran batu besar khas Stonehenge di Inggris namun kejauhan? Sobat DTT kini dapat mengunjunginya lebih dekat karena di Cangkringan punya replika Stonehenge lengkap dengan alas rumput hijau bak lokasi aslinya.

Baru dibuka 2016 silam, batu-batu yang digunakan pun merupakan bongkahan dari batu letusan gunung Merapi, lho.

5. The Lost World Castle

Selain tempat Lava Tour Merapi di Jogja, sempatkan pula mengunjungi The Lost World Castle yang merupakan objek wisata berbentuk kastil bak Benteng Takeshi. Pengambilan namanya sendiri berdasarkan kenangan hilangnya desa Kepuharjo pasca erupsi Merapi.

Tempat wisata ini menawarkan banyak sekali wahana bermain dan spot foto estetik.

6. Rumah Mbah Maridjan

Selagi berada di Cangkringan, jangan lupa untuk napak tilas ke rumah sang juru kunci Merapi, Mbah Maridjan. Memang bangunannya sudah tak ada, tetapi wisatawan bisa mengirimkan doa, ikut aktivitas penanaman pohon, atau sekadar berfoto.

7. Kali Kuning

Kurang afdol rasanya jika Sobat DTT belum bermanuver di kawasan Kali Kuning. Area yang dikelilingi tebing tinggi dan hutan pinus ini akan mengajak wisatawan merasakan seru dan tegangnya ketika mobil melintasi dalamnya genangan air.

Itulah ketujuh objek wisata di dekat tempat Lava Tour Merapi di Jogja yang wajib Sobat DTT kunjungi. Sudah menentukan akan mengunjungi yang mana?

 

Tag : Tempat Lava Tour Merapi Di Jogja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat via Whatsapp