10 Tips Memilih Tempat Wisata Jogja Untuk Berlibur Pemula10 Tips Memilih Tempat Wisata Jogja Untuk Berlibur Pemula

Tempat Wisata Jogja

Tempat Wisata Jogja – Jogjakarta merupakan salah satu kota favorit untuk melakukan perjalanan wisata. Bukan hanya karena banyak tempat wisata Jogja saja, tetapi juga karena budaya yang dimilikinya. Jogja sendiri memiliki suasana yang khas dan tidak dapat sobat DTT temukan pada kota lainnya di Indonesia. 

Sobat DTT yang memiliki hobi untuk melakukan travelling, maka wajib untuk memasukkan kota satu ini di dalam daftar yang wajib untuk dikunjungi. Namun, sebelum memutuskan untuk berlibur ke Jogja, sobat DTT wajib untuk mempersiapkan beberapa hal secara matang, terutama bila baru pertama kali ke Jogja. 

Nantinya akan ada beberapa tips yang dapat dilakukan supaya liburan pertama sobat DTT di kota Jogja ini lebih berkesan. Berikut ini adalah tips berlibur ke Jogja Candi Borobudur dan tempat-tempat lainnya supaya liburan yang sobat DTT lebih berkesan.

1. Memilih Waktu Paling Tepat Supaya Liburan Menjadi Seru dan Nyaman

Menjadi salah satu kota tujuan yang paling populer untuk mengisi liburan, pastinya Candi Prambanan ini akan padat di musim liburan. Bagi sobat DTT yang pertama kali sedang berlibur di Jogja, jauh lebih baik untuk tidak berlibur di waktu tersebut. Pilih waktu yang longgar atau bukan saat musim liburan.

Berlibur ketika di luar musim liburan akan menyenangkan karena sobat DTT akan lebih bebas berkeliling kota Jogja tanpa harus takut kena macet maupun kerumunan yang padat. Tidak hanya itu, liburan di luar musim liburan dapat membuat lebih hemat budget. Hal tersebut dikarenakan harga tiket maupun penginapan lebih murah dibandingkan saat musim liburan. 

2. Memesan Tiket Sejak Jauh-Jauh Hari

Tips berlibur ke tempat wisata Jogja supaya lebih hemat berikutnya adalah dengan memesan tiket sejak Jauh-Jauh hari. Berarti sobat DTT harus mempunyai perencanaan sejak lama minimal satu bulan sebelumnya. Melakukan pembelian tiket sebelum berangkat bisa membuat sobat DTT mendapatkan harga lebih murah. 

Hal tersebut pastinya dapat membuat sobat DTT menjadi lebih hemat. Sobat DTT bisa saja mendapatkan harga separuhnya dibandingkan dengan harga sebelum hari H keberangkatan. Bukan hanya tiket pesawat, tetapi juga tiket kereta api akan lebih murah bila dipesan sejak jauh-jauh hari. Jadi pastikan memesan tiket satu bulan sebelum keberangkatan. 

3. Booking Penginapan dengan Harga Murah

Bukan hanya tiket saja yang wajib untuk dibeli sejak jauh-jauh hari, sobat DTT juga harus melakukan pembookingan penginapan terlebih dahulu. Sobat DTT bisa menggunakan aplikasi perjalanan maupun website untuk booking penginapan di Candi Prambanan dan sekitarnya. 

Bila Anda datang sendiri ke kota Jogja dapat memilih hostel yang jatuhnya lebih murah. Selain praktis, harga yang ditawarkan juga relatif lebih murah terutama bila sobat DTT membookingnya sejak jauh-jauh hari. Pilihlah penginapan yang ada di sekitar Keraton Jogjakarta yang sesuai budget liburan. 

Selain itu, sobat DTT harus memilih lokasi yang berada di tempat strategis sehingga lebih memudahkan dalam perjalanan liburan selama di kota pelajar tersebut. 

4. Membawa Barang Seperlunya

Tips berikutnya berlibur di Tebing Breksi Jogja adalah dengan membawa barang seperlunya. Kebanyakan pemula maupun orang yang baru pertama kali berlibur ke kota Jogja lebih cenderung membawa sekali banyak barang. Boleh membawa banyak barang tetapi akan terlalu memberatkan sobat DTT. 

Sobat DTT bisa membawa barang terutama untuk pakaian ganti yang paling sesuai dengan berapa lama waktu liburan. Jangan lupa juga membawa baju ekstra untuk dijadikan cadangan. 

5. Buat List Tempat Wisata Yang Akan Dikunjungi

Kota Jogja memiliki banyak sekali pilihan untuk tempat wisata, baik itu dari wisata budaya, wisata kuliner dan wisata alam. Sebelum, sobat DTT berangkat ke kota Yogyakarta lebih baik membuat lebih dahulu daftar tempat wisata akan dikunjungi. Berdasarkan daftar yang sebelumnya sobat DTT buat, buat list yang sesuai lokasi paling dekatnya. 

Berdasarkan list yang sudah sobat DTT buat tersebut, kelompokkan kembali menyesuaikan lokasi terdekat. Contohnya, lokasi wisata di daerah Bantul. Sobat DTT dapat membuat list kelompok jadi satu dengan adanya pengelompokan ini, maka lebih mudah dalam melakukan pengaturan jadwal liburan selama berada di Heha Sy View Jogja

Agar bisa membuat kelompok lakukan riset maupun mencari tahu lebih dahulu terkait lokasi wisata yang paling populer di Jogja. Sobat DTT harus mencari tahu lokasi serta rute agar bisa sampai ke tempat tersebut. 

6. Membuat Jadwal Liburan

Selanjutnya buat jadwal berlibur ke tempat wisata di kota Jogja. Jadwal liburan ini akan harus dibuat mulai dari keberangkatan hingga pulang. Muat juga informasi yang lengkap terkait waktu serta tempat berkunjung ke setiap lokasi wisata. 

Jadwal berlibur ini memang tidak bisa disepelekan karena begitu bermanfaat untuk membuat liburan sobat DTT lebih nyaman. Jadwal berlibur ini hanya sebuah rencana saja karena di dalam pelaksanaannya ada kalanya terdapat perubahan waktu. Hal paling pentingnya dalam jadwal liburan adalah sebagai acuan pada perjalanan ketika berlibur di kota Jogja. 

7. Tawar Ketika Membeli Buah Tangan

Supaya Anda menjadi lebih hemat saat melakukan liburan di Obelix Hill Jogja, maka sobat DTT jangan sungkan menawar saat akan membeli buah tangan. Berbelanja buah tangan ini memang harus pandai dalam menawar karena umumnya harga souvenir tersebut cukup mahal bagi para wisatawan. 

Sobat DTT dapat menawar hingga separuh harga. Hal yang harus dilakukan adalah pandai untuk mengambil hati para penjual supaya dapat harga murah. Terutama bila sobat DTT membeli dengan jumlah yang banyak, minta potongan harga supaya jauh lebih hemat. 

8. Menentukan Kendaraan yang Dipakai Berkeliling Kota Jogja

Supaya sobat DTT bisa lebih hemat berlibur di Goa Pindul Jogja adalah dengan menentukan kendaraan yang dipakai selama berada di kota tersebut. Jika, melakukan liburan sendiri dapat memilih naik transportasi umum, tetapi bila berkunjung ke lokasi yang jauh dan tidak ada akses transportasi umum bisa rental mobil maupun motor. 

Bila sobat DTT berlibur bersama anggota keluarga maupun rombongan kerabat atau teman dapat rental mobil. Berlibur ke Heha Sky Ocean View dengan mobil akan jauh lebih hemat, terutama bila bersama rombongan. Sebelum memiliki keputusan akan naik apa ke Jogja maka harus mempertimbangkan terlebih dahulu. Sobat DTT dapat melakukan kalkulasi maupun perkiraan budget menggunakan kendaraan yang nanti dipakai. 

9. Kunjungi Wisata Malam

Saat sedang berlibur ke Malioboro jangan melewatkan wisata malam hari. Tempat wisata malam di kota Jogja memang cukup beragam dan yang paling terkenal memang Malioboro serta angkringan. Sempatkan berkunjung supaya bisa merasakan nuansa liburan yang sesungguhnya di kota tersebut. 

10. Pilih Tempat Makan dekat Kampus dan Makananan Lokal

Kota pelajar ini sangat terkenal juga dengan wisata kulinernya. Wisata kuliner yang ada di Jogja dan wisata pantai Jogja (Parangtritis, Indrayanti, Sadranan…tambah lagi). Namun, hal yang harus sobat DTT tahu makan maupun minum yang ada di tempat wisata Jogja jauh lebih mahal. Supaya bisa lebih berhemat, maka dapat memilih tempat makan lokal maupun warteg lokal. 

Tidak hanya itu saja, sobat DTT yang suka jajanan pinggir jalan wajib untuk mencoba makan di pinggir jalan Jogja. Walaupun berada di pinggir jalan rasa makannya tidak kalah enak. Harga yang dibandrol umumnya juga lebih hemat, sobat juga bisa memilih makanan di dekat kampus. Warung yang ada di dekat kampus biasanya akan memiliki harga lebih murah. 

Tag : Tempat Wisata Jogja, Tempat Wisata Jogja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat via Whatsapp