Menelusuri Keindahan Pantai Drini Jogja

Pantai Drini Lokasi, Tiket Masuk dan Fasilitas

Pantai Drini Jogja – Liburan ke pantai selalu menjadi pilihan favorit banyak orang. Suasana liburan di pantai memang tiada duanya mulai dari pasir pantai yang lembut di bawah kaki, suara deburan ombak yang menenangkan, langit senja yang berubah menjadi kanvas indah berwarna jingga dan merah, menciptakan latar sempurna untuk momen kebersamaan dan foto yang tak terlupakan. Duduk berdua di bawah payung pantai, menikmati hembusan angin sepoi-sepoi sambil menikmati hidangan lezat, memberikan kesan romantis yang sulit dilupakan.

Pantai adalah tempat di mana cinta dan keindahan alam berpadu dalam harmoni yang sempurna. Meski Bali sering menjadi tujuan utama ketika ingin berlibur ke pantai, Yogyakarta juga memiliki pesona pantai yang tak kalah indah. Salah satu destinasi pantai yang memukau adalah Pantai Drini. Mengapa Anda perlu berlibur kesini? Ayo kita cari tahu.

“Pantai Perawan” dari Gunung Kidul

Drini merupakan sebuah pantai yang berada di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Terletak di lereng bukit dengan tebing-tebing karang yang indah, pantai ini menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dan suasana yang lebih damai. Jika Anda sedang mencari tempat berlibur yang tidak terlalu ramai sembari menikmati ketenangan pantai yang masih alami, Drini merupakan destinasi yang sempurna.

Salah satu alasan yang membuat Pantai Drini masih indah dan asri adalah karena pantai ini belum banyak terjamah oleh wisatawan lokal maupun asing. Padahal, keindahan pantai ini bisa disejajarkan dengan pantai-pantai terkenal di Bali. Alasan itu juga yang membuatnya juga dikenal dengan nama Pantai Perawan.

Keindahan dan Pesona Pantai Drini

Pantai Drini memiliki hamparan pasir putih yang halus dengan air laut yang jernih berwarna biru kehijauan. Airnya yang jernih ini membuat wisatawan dapat dengan mudah melihat gerombolan ikan-ikan indah mulai dari Goby Pasir, Jambrong, hingga Sergeant Major yang bermain di pantai. Hal ini memberikan daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang mencari pengalaman berlibur di pantai yang eksklusif. 

Meskipun menyandang status sebagai pantai selatan, ombak di Pantai Drini tidak seganas di Parangtritis, sehingga wisatawan dapat bermain dengan lebih leluasa di garis pantai. Anda juga bisa melihat dengan jelas rumput laut serta beraneka ragam binatang laut di antara karang-karang. Sebagai pantai yang langsung berhadapan dengan Samudra Hindia, Drini memiliki lereng pantai yang cukup curam dan didominasi oleh batuan karst dari Gunung Sewu. Oleh karena itu, pengunjung perlu berhati-hati dan waspada saat mendekati area batu karang atau tebing untuk menghindari risiko jatuh atau cedera.

Pantai Drini terbagi menjadi dua sisi, yaitu sisi barat dan sisi timur. Keduanya dipisahkan sebuah tebing besar yang berada di tengah pantai. Tebing ini terlihat seperti pulau kecil yang begitu indah. Warga setempat sering menyebutnya dengan sebutan Pulau Drini. Di atas tebing ini terdapat mercusuar yang dapat digunakan untuk menikmati pemandangan indah pantai dari ketinggian. Bagi wisatawan yang ingin melihat pemandangan dari atas, tersedia jembatan untuk menaikinya. Jembatan ini sangat menarik perhatian dan menjadi spot foto yang diminati pengunjung.

Lokasi dan Rute

Pantai Drini terletak di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Berada di sebelah timur Pantai Baron, persis di sebelah Pantai Watu Kodok dan Pantai Watu Bolong, jaraknya yang berdekatan memungkinkan Anda untuk menikmati keindahan setiap pantai dalam satu perjalanan. Akses menuju Pantai ini sangat mudah, Anda bisa menggunakan motor, mobil pribadi, atau bus pariwisata. 

Dari Yogyakarta, arahkan kendaraan ke selatan menuju Kabupaten Gunungkidul (Wonosari), lalu ke arah Mulo sampai menemukan pertigaan. Lurus terus ke arah Pantai Baron. Jalan menuju pantai ini cukup bagus dengan jalan aspal yang mulus, sehingga perjalanan Anda akan nyaman. Sebelum sampai di Pantai Baron, akan ada pertigaan, ambil arah kiri dan ikuti jalan hingga tiba di Pantai Drini. Perjalanan memakan waktu sekitar 2-3 jam, namun akan terbayar dengan pemandangan yang menakjubkan.

Harga Tiket

Harga tiket masuk Pantai Drini sangat terjangkau. Anda hanya perlu membayar Rp 15.000 untuk 1 orang dewasa di pos retribusi pantai Gunung Kidul. Pos ini adalah gerbang utama menuju kawasan pantai-pantai di gunung Kidul, yang artinya dengan tiket ini Anda bebas mengunjungi semua pantai sekitar gunung kidul sepuasnya seperti  pantai Baron, Kukup, Krakal dan lain-lain.  Biaya parkir mobil sebesar Rp 5.000, sedangkan untuk motor sebesar Rp 3.000. Harga yang sangat murah jika dibandingkan dengan keindahan alam yang akan Anda nikmati. 

Jam Operasional

Pantai Drini buka setiap hari selama 24 jam sehingga bebas dikunjungi kapanpun. Waktu yang paling tepat untung mengunjunginya adalah di pagi atau sore hari karena di siang hari sinar matahari sangat terik dan air laut surut, menyebabkan pengunjung kurang bisa bermain air.

Fasilitas

Meskipun masih jarang dikunjungi wisatawan, Pantai Drini memiliki fasilitas yang terbilang cukup lengkap, diantaranya:

  1. Warung makan dan minuman

Sebagai salah satu lokasi persandaran para nelayan tradisional dan tempat pelelangan ikan (TPI), Anda dapat dengan mudah menemukan hidangan laut segar seperti ikan bakar, cumi-cumi goreng, udang goreng, atau hidangan laut lainnya.

  1. Kamar mandi atau toilet umum

Pengunjung bisa menggunakan toilet yang tersedia untuk membilas badan. Demi kenyamanan, disarankan untuk membawa tisu toilet atau perlengkapan mandi pribadi.

  1. Area parkir

Bagi pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi, terdapat area parkir yang cukup luas. Namun, ukuran lahan parkir mungkin terbatas terutama saat musim liburan atau pada akhir pekan.

  1. Kano atau perahu dayung

Mengendarai kano di sepanjang pantai bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan memberikan pandangan yang unik tentang keindahan alam Pantai Drini. Pengunjung tidak perlu khawatir dengan keamanan saat bermain kano, karena disediakan pelampung untuk setiap pengunjung dan telah terpasang pembatas dari jaring. Beberapa personel SAR Satlinmas Korwil II Gunungkidul juga ditugaskan untuk mengamankan lokasi.

  1. Spot foto yang menarik

Beberapa spot foto populer di Pantai Drini meliputi pohon pandan di sepanjang garis pantai,  jembatan penghubung ke pulau Drini, bebatuan besar yang tersebar di sekitar pantai, serta pemandangan matahari terbenam yang memukau di tepi laut. Jika kesulitan mengambil foto diri sendiri, ada banyak jasa foto yang bersedia mengabadikan momen pengunjung.

  1. Fasilitas lain

Tersedia juga Mushola  untuk pengunjung yang ingin beribadah, persewaan gazebo dan tikar, serta warung-warung yang menjual jaring kecil untuk anak-anak yang ingin menangkap ikan.

Pesona Pantai Drini dan segala fasilitasnya akan menjadikan liburan yang menyenangkan untuk anak-anak maupun dewasa. Pantai ini  menjadi destinasi yang wajib dikunjungi sebagai salah satu alternatif saat berlibur di  sekitar Yogyakarta. 

Tag : Pantai drini Jogja, Pantai drini Jogja

 

CP : 08121070343

Chat via Whatsapp