Yogyakarta menjadi salah satu daerah tujuan wisata paling ikonik di Indonesia. Tidak sedikit destinasi wisata yang bisa dikunjungi dan dinikmati keindahannya. Apakah kamu sudah mengunjungi semua destinasi tersebut? Jika sudah, tidak ada salahnya menjelajahi tempat wisata terbaru yang ada di Jogja untuk mendapatkan pengalaman wisata tersendiri.

Memaksimalkan kekayaan alamnya, Jogja tak pernah kehabisan tempat wisata baru. Mulai dari pantai, gardu pandang, hutan dan wilayah perbukitan adalah deretan tempat wisata Jogja terbaru yang patut untuk kamu kunjungi. Berikut tempat wisata Jogja terbaru untuk liburan yang mengasyikkan.

1. Heha SkyView tempat nongkrong asyik sambil selfie sepuasnya

Heha SkyView merupakan area selfie serta cafe & resto yang menawarkan spot selfie yang indah. Setiap sudut Heha SkyView didekorasi dengan menarik agar pengunjung puas berfoto, mulai dari ruang makan indoor, balkon, kolam, hingga tangga sekalipun. Spot wisata Jogja terbaru ini juga menyuguhkan city view Jogja dan sekitarnya dari ketinggian bukit.

Image credit: @hehaskyview (kiri atas), @abyfn (kanan atas), @dewispears (kiri bawah), @inantqh (kanan bawah)

Heha SkyView memiliki restoran sendiri yang bisa kamu kunjungi di ruang indoor, tetapi disini ada pula kios-kios UMKM yang menawarkan menu camilan dan minuman segar yang bisa kamu nikmati di ruang outdoor. Di sini kamu bisa memesan makanan seperti salad, sate taichan, milk tea, french fries, pasta, hingga salad.

Image credit: @radindap (kiri), @_karmila0511_ (kanan)

Alamat:  Jl. Dlingo-Patuk No.2, RT.001/RW.001 Desa, Patuk, Kec. Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55862
Jam buka: Jumat s/d Minggu pukul 10.00-00.00 WIB; Senin-Kamis pukul 11.00-23.00 WIB
Retribusi: untuk berfoto mulai dari 15,000 IDR
Harga menu: Mulai dari 20,000 IDR

2. Menikmati halaman ala desa Jogja di Taman Bunga Puri Mataram

Image credit: @yovitaaurora (kiri), @annisadhitakasih (kanan)

Tempat wisata baru di Jogja ini menawarkan wahana permainan segala umur yang bisa kamu nikmati secara singkat. Kamu pasti akan terkesan dengan keindahan taman khas pekarangan Jawa ini.

Image credit: @faridsuhaimii

Taman Bunga Puri Mataram baru dibuka pada 2018. Disini terdapat berbagai wahana sederhana ala pedesaan seperti taman kelinci, sepeda di tengah danau kecil, terapi ikan, hingga pasar ndelik. Semua ditata dengan kearifan warga desa di Yogyakarta pada umumnya. Tamannya juga ditata untuk memanjakan pengunjung yang gemar swafoto. mulai dari bunga yang berwarna-warni hingga rangkaian aksesoris taman seperti becak dan Tugu Yogyakarta.

Alamat: Drono, Tridadi, Kec. Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55511
Jam buka: Setiap hari, 08.00-19.00 WIB
Retribusi: Tiap wahana dikenakan biaya 10,000 IDR s/d 30,000 IDR per orang

3. Sejuknya Alamanda Jogja Flower Garden

Image credit: @bolangadventure (kiri), @johan_kevas (kanan)

Alamanda Jogja Flower Garden adalah tempat wisata Jogja terbaru dengan spot selfie yang cantik, mulai dari bunga hingga balon udara yang terdapat di tengah taman.

Image credit: @apriliiazza (kiri), @novialindak_ (kanan)

Berwisata ke Alamanda adalah alternatif wisata yang tepat untuk melepas penat sementara waktu dan juga tempat yang ideal untuk kamu mengajak keluarga rekreasi bersama.

Alamat: Jl. Tempel – Turi, Ngentak, Bangun Kerto, Kec. Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55551
Jam buka: Setiap hari, 08.00 – 17.00 WIB
Retribusi: 15,000 IDR/ orang

4. Belajar asyik di Jogja Agro Techno Park

Image credit: @eenncciiss (kanan), @momokoaiko (kiri)

Jogja Agro Techno Park berdiri di atas lahan seluas 18 hektar dengan berbagai macam wahana edukasi pertanian, peternakan dan kolam ikan. Tempat ini dibuka untuk umum sebagai sarana edukasi bagi masyarakat tentang pentingnya menanam tumbuhan dan sebagai bentuk sosialisasi tentang peternakan. Berada di kawasan Kabupaten Kulonprogo yang masih asri, tempat wisata Jogja terbaru ini dirancang dengan suasana khas Jawa.

Image credit: @nurama98

Lahannya dibuat semenarik mungkin supaya kamu bisa berfoto dengan nyaman. Terdapat ornamen-ornamen pendukung seperti sepeda onthel, becak, dan patung-patung hewan ternak. Selain berfoto, kamu dan keluarga bisa mengunjungi kandang-kandang hewan ternak sekaligus melihat tanaman sayur yang sedang diteliti para agribisnis. Jika saat panen tiba, biasanya pengelola memperbolehkan pengunjung membeli hasil bumi seperti tomat atau wortel dengan harga 5,000 IDR per kilogram dan semuanya masih sangat segar.

Alamat: Sotan, Wijimulyo, Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55671
Jam buka: 06.00 – 18.00 WIB
Retribusi: gratis

5. Bermain anti-mainstream ke Ayunan Langit Watudjaran

Image credit: @xiaolingchan (kanan), @dekahans11 (kiri)

Destinasi wisata selanjutnya adalah Ayunan Langit Watudjaran, yang terletak di atas bukit desa Sabrangkidul, Kabupaten Kulon Progo. Komoditas andalan mereka adalah tempat selfie dengan bentangan alam yang luas ke arah perkebunan dan hutan di sekitarnya. Langit yang biru dan lahan hijau menjadi pemandangan yang menarik untuk kamu yang bosan dengan rutinitas.

Kamu bisa menikmati pemandangan alam lepas dengan menaiki ayunan atau ornamen unik yang disediakan pengelola, seperti sapu terbang ala Harry Potter dan balkon kayu yang menghadap ke alam lepas. Waktu yang tepat untuk datang ke sini adalah saat pagi hari, ketika matahari tidak terlalu terik dan akses jalan tidak terlalu gelap. Jika kamu ingin berwisata ke sana, ada baiknya mengendarai kendaraan roda dua karena keterbatasan akses jalan.

Alamat:  Sabrangkidul RT.10/RW.05, Coco Leal, Purwosari, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55674
Jam buka: Setiap hari, 08.00 – 17.00 WIB
Retribusi: 30,000 IDR

Wisata Jogja

CP: 081294274691