Fakta Dan Sejarah Candi Prambanan

Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan situs peninggalan sejarah unik yang kini menjadi destinasi wisata populer di Jogja. Berikut beberapa latar belakang atau sejarah dan fakta menarik tentang Prambanan yang perlu Sobat DTT ketahui.

Sejarah Prambanan Sebelum Menjadi Tempat Wisata Jogja

Candi ini merupakan salah satu dari sekian banyak candi Hindu yang didirikan pada abad kedelapan oleh Rakai Pikatan, seorang penguasa Dinasti Sanjaya yang memerintah pada era Mataram Hindu. Candi ini merupakan candi Hindu terbesar di Asia Tenggara.

Tinggi Prambanan mencapai ketinggian 47 meter. Tingginya lima meter lebih tinggi dari Candi Borobudur. Candi ini sendiri terdiri dari delapan candi utama dan sekitar 250 candi kecil. Pembangunan candi ini didedikasikan untuk Trimurti, yakni tiga dewa utama di agama Hindu.

Dongeng tentang candi ini sendiri merupakan kronik pertarungan politik di Jawa Tengah antara Dinasti Syailendra dan Sanjaya.

Fakta Menarik Candi Prambanan

Jika Sobat DTT ingin berkunjung ke Prambanan, sebaiknya Sobat DTT mengecek beberapa hal menarik berikut ini terlebih dahulu agar tidak penasaran.

  1. Legenda Roro Jonggrang

Tentu saja kisah Roro Jonggrang tidak bisa dibahas tanpa menyebut Prambanan. Menurut tradisi dari kisah ini, Roro Jonggrang adalah seorang putri cantik yang dikutuk menjadi salah satu candi di Prambanan.

  1. Replika dari Gunung Mahameru

Prambanan dinamai Siwagrha, yang bermakna tempat tinggal Siwa. Artinya, menyerupai wujud Mahameru, gunung suci tempat tinggal para dewa. Setiap aspek kompleks candi ini juga mencerminkan pola alam semesta yang dianut oleh kosmologi agama Hindu.

  1. Situs Penting Internasional

Candi ini merupakan salah satu situs bersejarah dunia yang terdaftar oleh UNESCO pada tahun 1991. Ketika Sobat DTT datang ke sini, Sobat DTT juga ikut melestarikan harta karun nenek moyang Indonesia.

  1. Candi Siwa Terbesar di Dunia

Candi Siwa terbesar di kompleks Prambanan berdiri setinggi 47 meter. Pada saat pembangunan candi ini, agama Kerajaan Mataram sedang mengalami peralihan dari Budha ke Hindu.

Demikian ulasan tentang sejarah, fakta menarik untuk situs Candi Prambanan. Semoga bermanfaat!

Tag : Candi Prambanan Jogja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat via Whatsapp