Tempat Wisata Favorit di Jogja

 

Tak salah jika Yogyakarta disebut istimewa. Bagaimana tidak, propinsi ini memang memiliki keanekaragaman alam hingga budaya yang begitu melimpah. Lanskap alamnya begitu lengkap dari dataran tinggi dengan Gunung Merapi yang menjulang di sisi utara hingga barisan pantai menawan di sepanjang pesisir selatan yang berbatasan langsung dengan Samudra Indonesia. Deretan pegunungan seribu juga menambah cantik pesona sisi selatan Jogja. Tak heran jika Kota Gudeg pun kondang memiliki banyak tempat wisata menarik. Kali ini de Jogja akan mengajak Anda berkeliling ke 5 tempat favorit di Jogja.

Candi Prambanan

Candi Prambanan

Penjelajahan kita mulai dari sisi timur. Berbatasan dengan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah-Jogja, terdapat peninggalan sejarah yang terkenal di dunia, yaitu Candi Prambanan. Diklaim sebagai candi Hindu terbesar di Indonesia, candi ini tampak begitu apik dengan bentuknya yang tinggi ramping. Pada badan candi terdapat relief yang menceritakan kisah Ramayana dan Krishnayana. Roro Jonggrang merupakan patung utama di candi ini. Tak heran masyarakat pun menyebut Candi Prambanan dengan sebutan Candi Roro Jonggrang.

Gunung Merapi

gunung merapi de jogja

Bergerser ke utara, Anda bisa menikmati sejuknya udara pegunungan di Gunung Merapi. Gunung Merapi sendiri merupakan gunung api yang sangat aktif. Erupsi besar yang terjadi pada 2010 menjadi sejarah paling memilukan bagi warga Jogja dan Jawa Tengah di awal abad 21. Peristiwa itu merengut banyak nyawa dan tak sedikit korban harta benda. Beberapa tempat yang pernah menjadi saksi ganasnya wedhus gembel—sebutan untuk awan panas Merapi pun akhirnya menjadi destinasi wisata. Beberapa diantaranya adalah bunker Kaliadem, museum Sisa Hartaku, juga makam juru kunci Merapi, Mbah Marijan.

Malioboro

malioboro de jogja (5)

Di sisi tengah Jogja, ada Jalan Malioboro yang begitu melegenda. Di sepanjang jalan ini, Anda akan dimanjakan dengan deretan produk kerajinan hingga kuliner. Para pecinta batik dipastikan akan kalap, karena banyaknya produk batik ditawarkan dalam berbagai bentuk, mulai dari masih kain hingga berupa baju dan tas. Souvenir berbahan batik juga mudah dijumpai. Tak ketinggalan, Anda pun juga bisa berwisata kuliner dengan beragam jajanan khas kota Jogja di resto atau pedagang kaki lima yang banyak berjajar di sepanjang jalan ini.

Keraton Ngayoygakarta Hadiningrat

keraton jogja de jogja

Tak jauh dari Malioboro, pastikan Anda untuk sejenak mampir di keraton. Keunikan dari keraton ini adalah masih ‘hidup’. Artinya, masih ada raja yang aktif juga berserta para abdi dalem-abdi dalemnya. Saat melancong, guide akan menjelaskan bagian detil dari bangunan keraton. Selama berkeliling dalam keraton tak jarang Anda akan menjumpai para abdi dalem yang berpakaian tradisonal. Sungguh bak tengah berada di masa kerajaan tempoe doloe.

Pantai Parangtritis

pantai parangtritis de jogja

Bergerser dari bangunan bersejarah tersebut, penjelajahan kita lanjutkan ke sisi selatan di kawasan pesisir. Ya, Pantai Parangtritis adalah satu diantara banyak pantai yang paling sering dikunjungi wisatawan di Jogja.

Di pantai ini Anda dapat bersantai dengan duduk di pasir menikmati deburan ombak laut selatan yang begitu besar atau mungkin berfoto di titik-titik menarik. Belakangan banyak ayunan atau spot menarik dengan hiasan bunga yang ditemukan di tempat ini dan menjadi spot menarik untuk berfoto.

Jangan lupa, saat akan pulang icipi kuliner khas pantai, beragam rempeyek yang dibuat dari hasil laut, seperti rempeyek udang, jingking atau malah rumput laut. Rasanya gurih dan pastinya harganya murah.

Nah, demikian ulasan tentang 5 tempat favorit di Jogja. Pastikan mampir ke tempat tersebut ya saat melancong ke Kota Gudeg ini. Tentu, ada penawaran spesial dari de Jogja untuk mengunjungi tempat-tempat indah itu. Hubungi kami segera! (y)

Tag: 5 Tempat Wisata Favorit di Jogja, Candi Prambanan, Maliboro, Gunung Merapi, Pantai Parangtritis, Krato Ngayogyakarta Hadiningrat, de Jogja, Kota Gudeg, Yogyakarta, Jogja,

Baca juga : Tips Memilih Paket Outbound yang Tepat untuk Perusahaan

 

Outbound Jogja : 081294274691