3 Rekomendasi Soto Bathok Kelapa Enak Dan Murah Di Jogja

Soto Bathok Kelapa

Pernah mendengar kuliner soto bathok kelapa? Ya, kuliner ini sangat populer di Kota Gudeg Yogyakarta sejak beberapa tahun terakhir. Sebenarnya, menu soto yang disajikan tidak jauh berbeda dengan soto bening pada umumnya. Yang membuat unik adalah cara penyajiannya yang menggunakan bathok atau tempurung kelapa sebagai pengganti mangkok.

Tentu saja, selain memberikan kesan tersendiri, penggunaan bathok kelapa membuat cita rasa soto menjadi lebih khas. Terlebih lagi, apabila warung soto tersebut juga memiliki pemandangan indah khas pedesaan di sekelilingnya. Nah, berikut ini ada beberapa rekomendasi warung makan di Jogja yang menjual soto dengan bathok kelapa. Dimana sajakah?

Soto Bathok Mbah Katro

Rekomendasi yang pertama adalah soto bathok Mbak Katro. Disebut sebagai salah satu restoran terenak di Jogja, tempat makan ini terletak di daerah Sambisari, Purwomartani, Kalasan, Sleman. Warung soto ini buka setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 16.00 WIB di pinggiran hamparan sawah yang memukau.

Warung ini menawarkan menu utama berupa soto dan berbagai makanan pelengkapnya seperti sate telur puyuh, perkedel, peyek, dan masih banyak lagi. Sobat DTT juga bisa menikmati beberapa jenis minuman seperti es teh dan es jeruk. Yang menarik lagi, harga seporsi sotonya sangat murah mulai dari Rp. 6.000. 

Soto Bathok Kweni

Jika Anda berada di tengah-tengah kota Yogyakarta, ada baiknya untuk mampir ke warung soto bathok kelapa yang satu ini. Namanya adalah Soto Bathok Kweni yang berlokasi di daerah Demangan Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Seperti soto Mbah Katro, soto bathok Kweni buka setiap hari namun sedikit lebih siang, mulai pukul 09.00 hingga 16.00 WIB.

Soto bathok yang satu ini ditawarkan dengan harga Rp. 8.000 seporsi. Selain menikmati soto dengan kuah bening yang segar, Anda juga bisa menyantap berbagai lauk pelengkapnya seperti ayam goreng, ceker, hingga sayur tambahan.

Soto Bathok dan Dawet Bu Yuni

Bagi Sobat DTT yang hendak bertandang ke daerah Kabupaten Bantul, tempat kuliner yang satu ini juga layak diperhitungkan. Ya, Soto Bathok dan Dawet Cabang Kalasan Bu Yuni ini menyediakan tidak hanya soto dengan bathok tapi juga es dawet yang menyegarkan. Menu lain yang ditawarkan adalah Sop Ayam Kemangi yang juga disajikan dalam mangkuk yang terbuat dari bathok kelapa.

Bagi Anda yang merasa kurang kenyang dengan porsi biasa, Anda bisa memesan dalam porsi jumbo. Tentu saja, ada berbagai menu pelengkap lainnya seperti sate, gorengan, serta minuman.

Soto Bathok dan Dawet Kalasan Bu Yuni terletak di Jalan Parangtritis  Dusun Janganan Kulon, RT 3, Glugo, Punggungharjo, Sewon, Bantul. Warung ini juga buka setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 17.00 WIB. Saat Sobat DTT hendak mengunjungi tempat wisata seperti Pantai Parangtritis dan pantai-pantai lain di sekitarnya, soto bathok kelapa ini cocok dikunjungi.

Tag : Soto Bathok Kelapa, Soto Bathok Kelapa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat via Whatsapp