9 Restoran Terenak Di Jogja, Surganya Kuliner!

Restoran Terenak Di Jogja

Restoran Terenak Di Jogja – Di samping kepopulerannya akan wisata budaya Jawa, Jogja juga terkenal sebagai ‘surganya’ aneka hidangan daerah yang lezat dan murah meriah. Tak heran ketika musim liburan tiba, banyak restoran terenak di Jogja selalu penuh sesak oleh wisatawan yang penasaran akan cita rasa kuliner khas Kota Istimewa ini.

Selain Kopi Klotok yang selalu jadi destinasi tersohor mengisi perut, Sobat DTT juga harus coba mengunjungi beberapa tempat makan yang akan kami rekomendasikan kali ini. Simak terus sampai habis, ya!

Pilihan Tempat Makan Enak di Jogja

Mencicipi aneka masakan khas Jogja tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Ada banyak sekali warung makan dengan sajian hidangan nusantara dengan harga sangat terjangkau seperti berikut ini : 

1. Saoto Bathok Mbah Katro

Soto Bathok Kelapa merupakan salah satu warung makan soto yang populer akan cara penyajian hidangannya menggunakan batok kelapa. Menu utamanya sudah pasti seporsi soto kuah lengkap dengan tauge, irisan daging sapi yang bisa disantap bersama lauk tambahan berupa sate usus, tempe, perkedel, kerupuk putih, lempeng, dan peyek.

Beralamatkan di Sambisari, Sleman, warung makan yang lokasinya cukup tersembunyi ini mematok harga per porsinya hanya Rp8.000 saja, lho!

2. Tengkleng Gajah

Selalu ramai oleh pengunjung, penjual tengkleng di kawasan Bulurejo ini menyuguhkan sajian tengkleng kambing muda dalam porsi yang besar, bak gajah. Besarnya porsi cocok dinikmati untuk 2 orang. 

Buka mulai pukul 09.00 WIB, pengunjung Tengkleng Gajah menilai dagingnya sungguh empuk, harum, dan rasanya nendang di lidah. Jika Sobat DTT ingin mencicipi menu lainnya bisa memesan sate kambing, tengkleng gajah goreng, atau nasi goreng khasnya.

3. House of Raminten

Sobat DTT cari tempat makan sekaligus nongkrong santai? The Raminten Resto dapat jadi alternatif tempat angkringan semi cafe yang kental akan nuansa Jawa klasiknya. Resto ini menawarkan menu autentik Jogja seperti sego kucing, rawon, bakmi jawa, goedangan, kremesan, rantang wiwit, dan masih banyak lagi.

Keunikan resto yang berada di jalan Faridan M. Noto 7 ini terbukti dengan penampilan tarian klasik setiap pukul 10.00 WIB di hari Jumat. Selama menyaksikan pertunjukan, jangan lupa sambil menyeruput bajigur, bandrek, teh susu, atau kopi tubruk.

4. Rama Shinta Resto

Cari tempat mengisi perut bersama keluarga bisa Sobat DTT kunjungi Rama  Shinta Resto di Jalan Raya Solo-Yogyakarta KM 16, Sleman. Berlatarkan pemandangan Candi Prambanan, rumah makan ini jadi spot terbaik jika ingin kulineran sambil menikmati indahnya panorama kota Jogja ditemani gemerlapnya lampu saat malam hari.

Menunya mematok harga mulai dari Rp20.000-an saja, Rama Shinta Resto menyajikan pilihan menu seperti gudeg, soto, ikan bakar, aneka jus, bahkan menu buffet pun tersedia di sini.

5. Gudeg Yu Djum

Liburan ke kota asalnya gudeg jangan sampai melewatkan kelezatan Gudeg Yu Djum yang melegenda di Jogja ini. Daya tarik warung makan ini adalah proses memasaknya masih tradisional yang mengandalkan kayu bakar dan pengunjung bisa langsung melihat bagaimana sibuknya pekerja ketika memasak gudeg.

Gudegnya sendiri tak berkuah dan cita rasa dominan manis dengan harga per porsinya mulai Rp17.000-Rp52.000. Tak usah khawatir tidak kebagian, warung gudeg ini sudah punya 5 cabang yang buka mulai jam 05.00 pagi.

6. Mangut Lele Mbah Marto

Lanjut ke restoran terenak di Jogja urutan ke-6 ada Mangut Lele Mbah Marto yang berada di Dusun Ngireng-ireng, Bantul. Lokasinya di tengah perkampungan, sehingga Sobat DTT harus sedikit berpetualang untuk menemukan tempatnya.

Menjual hidangan mangut lele, krecek, gudeg, tahu areh, telur, dan ayam opor di dalam baskom, pembeli dapat menyaksikan langsung suasana dapurnya yang penuh kepulan asap pembakaran sembari mengantri untuk mengambil makanan.

7. Bak Mie Jowo Mbah Gito

Kenal akan suasana rumah kayu yang tradisional dengan lantunan musik Jawa dan perkakas antiknya, Bak Mie Jowo Mbah Gito menyajikan hidangan bakmi goreng, bakmi godhog, rica-rica, nasi goreng, wedang jahe, wedang uwuh, dan lainnya.

Warung makan yang dapat menampung ratusan orang ini tak hanya menarik wisatawan lokal saja, bahkan sudah banyak turis mancanegara yang mencicipi hidangan bakmi buatan Mbah Gito.

8. Abhaya Giri Resto

Lokasi kulineran sambil dimanjakan oleh panorama hamparan sawah hijau dengan jalan kecil sebagai spot berfotonya, Abhaya Giri Resto yang tak jauh dari Candi Prambanan ini merupakan resto mewah yang kerap dijadikan venue pernikahan hingga lokasi pemotretan.

Kemewahan resto ini dibuktikan dengan aneka makanan dan minuman premium dengan harga mulai dari Rp35.000-Rp352.000.

9. Westlake Resto

Memiliki luas mencapai 3,5 hektar, resto berkonsep danau di kawasan Trihanggo, Sleman tersebut menyajikan hidangan laut sebagai menu utama berupa udang pacet, ikan dori, kerang hijau, nila, sajian cumi dengan paduan bumbu rempah istimewa yang dijual mulai harga Rp10.000.

Westlake Resto adalah resto bak pedesaan yang cocok dikunjungi untuk santap santai bersama keluarga besar. Di sini Sobat DTT juga bisa sekalian memancing, nongkrong di area gubug, atau memberi makan ikan, lho.

Tips Kulineran di Jogja

Sudah jadi rahasia umum kalau banyak spot kulineran di Jogja yang selalu viral karena antriannya yang mengular. Agar Sobat DTT bisa menjajaki setiap tempat kuliner tersebut, berikut tipsnya :

  • Tentukan tujuan terlebih dulu, sebaiknya buatlah daftar rencana tempat makan mana yang bakal dikunjungi.
  • Usahakan datang lebih awal supaya antrian tak terlalu panjang.
  • Cek sosial media tempat makan pilihan untuk mengecek jam buka atau informasi lainnya.
  • Walau pembayaran sudah modern, tetap sediakan uang tunai bila sewaktu-waktu ada gangguan.
  • Jangan biarkan perut terlalu kosong mengingat semua tempat makan pasti dipenuhi pengunjung.
  • Datanglah berkelompok, waspada dengan modus penipuan meski di tempat kulineran sekalipun.
  • Pilihlah warung makan yang lokasinya saling berdekatan.
  • Selalu hati-hati dengan barang bawaan, lokasi yang ramai cenderung rawan tindak kejahatan.

Etika Berwisata Kuliner

Tambahan lainnya, meski Sobat DTT tujuannya hanya berwisata kuliner semata namun jangan lupa menerapkan etika dan aturan tak tertulisnya seperti berikut : 

  • Tertib dan sabarlah mengantri, jangan memotong antrian.
  • Bersihkan sendiri meja dan piring sesudah makan, tumpuk piringnya agar memudahkan pekerjaan karyawan.
  • Segera pergi setelah selesai, beri tempat untuk orang lain yang ingin makan.
  • Jika sistem pembayarannya di akhir, catat apa saja dan berapa banyak menu yang Sobat DTT ambil.
  • Pelankan suara ketika bercengkrama, meski tempatnya ramai orang bukan berarti Sobat DTT boleh ngobrol terlalu keras.

Nah, itu dia kesembilan restoran terenak di Jogja yang bisa Sobat DTT coba telusuri aneka hidangannya ketika berkunjung ke Kota Istimewa ini. Selama kulineran jangan lupa tetap jaga kebersihan, ketertiban demi kenyamanan diri sendiri dan orang lain, ya!

Tag : Restoran Terenak Di Jogja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat via Whatsapp