Ke Jogja Untuk Liburan, Wajib Kunjungi Sejumlah Lokasi Wisata Favorit Jogja Ini

Lokasi Wisata Favorit Jogja

Lokasi Wisata Favorit Jogja – adalah salah satu kota tujuan wisata populer. Selain warga Jogja yang terkenal sopan dan ramah, wisata kuliner di Jogja sangat menggugah selera, Jogja pun menawarkan tempat-tempat wisata yang cantik, unik, dan tidak kalah menarik dari wisata kota lain di Indonesia. 

Lokasi wisata Jogja pun beragam. Dari pantai eksotis hingga daerah pegunungan Merapi, semuanya dapat dikunjungi untuk refreshing dan liburan bersama teman atau keluarga. Namun, sobat DTT mungkin belum mengetahui lokasi wisata favorit Jogja.

Nah, supaya tidak bingung, berikut rekomendasi tempat wisata di Jogja yang dapat dikunjungi!

Tempat-Tempat Wisata Menarik dan Favorit di Jogja

1. Suraloka Zoo

Suraloka Zoo adalah tempat wisata edukasi berlokasi di Kaliurang. Bagi sobat DTT yang ingin bawa anak kecil liburan, bisa coba berkunjung ke wisata Suraloka Zoo.

Sebagai wisata edukasi, anak-anak akan diajak untuk berinteraksi secara langsung dengan hewan serta belajar mengenai hewan. Berbagai hewan di sini seperti Iguana, Merpati, sampai Kelinci. Anak-anak pun dapat coba wahana yang menantang seperti wall climbing dan flying fox.

Tiket masuk Suraloka Zoo cukup terjangkau, yakni Rp 30.000 ketika weekdays dan Rp 40.000 untuk weekend, tapi tak termasuk biaya wahana di Suraloka Zoo.

2. Taman Nasional Kalibiru

Taman Nasional Kalibiru adalah tempat sempurna untuk Anda yang ingin nikmati pemandangan hutan indah dan berkegiatan menantang di alam. 

Di wisata ini, sobat DTT dapat melakukan panjat tebing, hiking, flying fox, hingga coba berjalan lewat jembatan gantung yang memacu adrenalin.

3. Candi Ratu Boko

Jumlah turis datang ke wisata Candi Ratu Boko mulai naik dan meledak semenjak situs arkeologi ini dipakai menjadi lokasi syuting film Ada Apa Dengan Cinta 2. 

Ada cukup banyak versi tentang asal-usul candi ini. Beberapa orang percaya bahwa wisata ini merupakan Istana Roro Jonggrang dan keluarganya. Banyak pula yang yakini bahwa candi ini adalah bekas tempat peristirahatan Rakai Panangkaran yang hidup pada zaman Mataram Kuno.

Lokasi candi di atas perbukitan, sehingga menjadi salah satu tempat yang terbaik untuk nikmati sunset di Jogja.

4. Taman Sari

Masih di area Benteng Kraton Yogyakarta, Taman Sari dulunya merupakan pemandian pribadi untuk sultan dan permaisuri-permaisurinya. Walaupun sekarang sudah tak dipakai lagi, Taman Sari sekarang jadi salah satu objek wisata di Jogja yang harus dikunjungi, apalagi jika sobat DTT baru pertama kali datang ke Jogja.  

Tak hanya area pemandian unik, sobat DTT pun dapat menelusuri lorong-lorong bawah tanah yang punya nilai sejarah, akan tetapi juga instagramable, apalagi area masjid bawah tanah yang memiliki arsitektur tangga unik.

5. Tugu Jogja

Tugu Jogja merupakan salah satu area ikonik yang lainnya di Jogja yang tak boleh dilewatkan oleh para wisatawan, terlebih jika baru pertama kali datang ke Jogja. Biasanya, Tugu Yogyakarta merupakan tempat berfoto wajib untuk membuktikan jika sobat DTT sudah benar-benar datang ke Jogja.

6. Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan Candi Hindu paling besar di Indonesia, serta terletak di Klaten, lebih tepatnya di perbatasan antara Jogja – Jawa Tengah. Selain itu candi ini jadi salah satu lokasi wisata favorit Jogja dan bahkan pernah jadi tempat syuting variety show Netflix, Twogether, dibintangi Lee Seung-gi serta Liu Yi-hao. 

Di objek wisata ini, sobat DTT tak hanya bisa melihat keindahan dan kemegahan candi-candi yang ada, tapi juga bisa menonton pertunjukkan Ramayana Balet Prambanan.

7. Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo di Jogja merupakan surga bagi pecinta budaya dan belanja tradisional. Menurut umur Pasar, Pasar ini adalah Pasar tertua di Jogja, yang mana sobat DTT bisa temukan berbagai macam barang, mulai dari kerajinan tangan, kain batik tradisional, kain, perhiasan, serta makanan-makanan khas.

Di sini, sobat DTT perlu untuk keluarkan kemampuan tawar-menawar dengan penjual-penjual ramah supaya dapatkan oleh-oleh bagus dengan harga lebih terjangkau dibanding di toko-toko besar. Luangkan juga waktu untuk jajan di kios-kios makanan di dalam pasar.

8. Bukit Bintang Jogja

Bukit Bintang letaknya di ketinggian yang tawarkan pemandangan indah, terutama saat sore dan malam hari. Hampir tiap malam tempat wisata ini dipadati wisatawan maupun pengunjung warga Jogja yang ingin bersantai serta menikmati pemandangan sekitar.

Dari sini, sobat DTT bisa melihat Gunung Merbabu dan Gunung Merapi, serta pesawat yang berangkat dari Bandara Adisutjipto. Jika beruntung, sobat DTT bisa melihat keindahan matahari terbenam (sunset). 

Ketika malam tiba dan cuacanya mendukung, sobat DTT bisa melihat bintang-bintang bersinar di langit. Dari atas bukit, bisa juga melihat lampu jalanan kota Jogja yang gemerlap dan jika ada kereta api yang lewat tentunya akan kian memukau. 

9. Gunung Pasir Parangkusumo

Tempat wisata di Jogja berikutnya adalah Gumuk Pasir Parangkusumo. Wisata ini termasuk tempat yang unik karena terbentuk dari material Gunung Merapi mengalir lewat Sungai Opak serta Sungai Progo yang lalu terbawa ombak dan lalu mengendap di pantai. Material mengendap lalu mengering serta terbawa angin, kemudian terbang ke daratan sehingga alami proses Deposisi dan menjadi Gumuk Pasir.

Gumuk Pasir Jogja  biasanya menjadi paket wisata bersama dengan pantai Parangtritis dan pantai yang lainnya. 

10. Gamplong Studio Alam

Studio Alam Gamplong adalah tempat wisata di Jogja yang masih dikatakan baru. Wisata ini adalah lokasi syuting film, Sultan Agung The Untold Love Story, besutan Hanung Bramantyo.

Mengambil latar belakang abad ke-16 dan 17, lahan yang dahulunya adalah tanah kas desa disulap jadi kawasan Indonesia di abad ke-16. Di wisata ini ada replika benteng Batavia, kereta kuda, replika bangunan di kampung Pecinan, serta bangunan yang lain. 

Beberapa Wisata Pantai Pasir Putih di Jogja

Ada beberapa pantai berpasir putih di Jogja yang harus masuk list tujuan wisata saat sobat DTT datang liburan.

1. Pantai Siung

Pantai berpasir putih ini cocok untuk sobat DTT jika punya jiwa petualang. Di Pantai Siung ini punya banyak fasilitas untuk mencoba atraksi seru. 

Tak hanya tawarkan pantai pasir putih untuk berenang dan bersantai, sobat DTT pun dapat melakukan aktivitas yang menantang seperti panjat tebing dan mendaki Bukit Pengilon.  

2. Pantai Sadranan

Pantai Sadranan jadi salah satu pantai berpasir putih favorit di Jogja. Jika sobat DTT ingin bermain air dan berenang, pantai ini jadi destinasi tepat sebab ombaknya yang cenderung tenang jika dibandingkan pantai lain di Gunung Kidul. Sobat DTT pun dapat mencoba olahraga snorkeling untuk lihat keindahan ikan warna-warni dan terumbu karang di sekitar Kali Senggoro dan Watu Pecah. Jika sobat DTT ingin bersantai, ada beberapa tempat untuk istirahat seperti penginapan, gazebo, sampai warung makan.

3. Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang sering disebut sebagai pantai Bali di Jogja. Yang disuguhkan di Pantai Sepanjang ini adalah hamparan pasir putih serta garis pantai panjang,

Sobat DTT pun dapat sekedar bersantai karena ada fasilitas warung makan dan gazebo. Sobat DTT pun dapat coba olahraga seperti voli pantai. 

Nah, itulah beberapa lokasi wisata favorit Jogja. Kota Jogja punya banyak tempat wisata yang bagus dan menarik. Tak heran jika Jogja jadi tujuan wisata saat waktu libur tiba. 

Tag : Lokasi Wisata Favorit Jogja, Lokasi Wisata Favorit Jogja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat via Whatsapp